HOME » BERITA » DERETAN FAKTA DI BALIK FILM FORD V FERRARI, TAK BANYAK YANG TAHU

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang Tahu

Film Ford v Ferrari terinspirasi dari kisah nyata. Film ini menceritakan tentang persaingan Henry Ford II dan Enzo Ferrari.

Senin, 25 November 2019 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang Tahu
Potongan adegan film Ford v Ferrari (Istimewa)

OTOSIA.COM - Persaingan sengit antara Henry Ford II dan Enzo Ferrari dalam balapan Le Mans 24 Jam tahun 1966 menyisakan kisah sendiri. Pasalnya, di tahun tersebut, untuk pertama kalinya pembuat mobil Amerika bisa menjadi pemenang balapan.

Cerita persaingan balapan itu diangkat dalam sebuah film biografi garapan James Mangold. Film berjudul Ford v Ferrari yang terinspirasi dari kisah nyata itu, menceritakan saat Ford keluar sebagai juara dalam balap Le Mans 24 Jam.

Pada film yang terinspirasi dari kisah nyata itu, legenda engineer Amerika, Carroll Shelby yang diperankan oleh Matt Damon. Sementara driver/engineer Ken Miles diperankan oleh Christian Bale.

1 dari 6 Halaman

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang Tahu

Film ini sudah diputar di bioskop sejak 15 November 2019 lalu. Banyak hal menarik dari film tentang balapan ini. Apalagi akting kedua pemeran utama, Damon dan Bale yang sukses memikat hati penonton, membuat keduanya menjadi kandidat kuat pada ajang Oscar mendatang.

Selain para pemainnya, untuk memproduksi film sehingga terlihat sama dengan setting waktu lampau, produser berusaha keras membuat berbagai set dan properti yang hampir sama. Bahkan ada banyak fakta menarik dalam film Ford v Ferrari yang belum banyak diketahui publik. Apa saja?

2 dari 6 Halaman

Balapan Bergengsi

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang TahuBalapan Bergengsi

Le Mans 24 Jam menjadi salah satu ajang balapan paling bergengsi. Pada puncaknya, lebih dari 300.000 penonton memadati area Curcuit de la Sarthe, di luar Le Mans.

Dua raksasa otomotif turut berpartisipasi dalam ajang balapan itu dan bersaing ketat, yakni Ford dan Ferrari. Persaingan mereka dimulai pada tahun 1960-an. Kemudian baru berakhir di arena balapan Le Mans 24 Jam tahun 1966.

3 dari 6 Halaman

Pendalaman Peran

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang TahuPendalaman Peran

Aktor Christian Bale bahkan sampai bertemu dengan Anak Ken Miles, Peter, untuk melakukan pendalaman peran. Bale mengajukan beberapa pertanyaan tentang Miles, terutama tentang kebiasaan Miles yang diketahui Peter.

4 dari 6 Halaman

Libatkan Anak Pembalap

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang TahuLibatkan Anak Pembalap

Tiga pembalap yang terlibat dalam adegan balap Le Mans 24 Jam pada film Ford v Ferrari adalah anak dari para pembalap elegendarais yang pernah berpartisipasi dalam ajang balap yang sama. Ketiganya yakni Alex Gurney berperan sebagai ayahnya Dan Gurney, Derek Hill anak dari Phil, serta Jeff Bucknum anak dari Ronnie yang merupakan rekan Miles di balapan tahun 1966.

5 dari 6 Halaman

Produksi Mobil

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang TahuProduksi Mobil

Ada lebih dari 34 mobil yang diproduksi khusus untuk pembuatan film ini. Diantaranya, 15 mobil Ferrari, 5 Mobil Porsche, dan beberapa mobil GT40s. Bahkan ada beberapa mobil yang harus dirancang ulang dan dibuat lagi.

6 dari 6 Halaman

Bangun Arena Balap

Deretan Fakta di Balik Film Ford v Ferrari, Tak Banyak yang TahuBangun Arena Balap

Tantangan lain dalam film Ford v Ferrari adalah membangun set arena Le Mans 24 jam. Mereka harus membangun kembali seluruh trek Le Mans 1966. Tim produksi membangun trek sepanjang 10 kilometer di empat kota.

BERI KOMENTAR