HOME » BERITA » 9 JENIS LAMPU PADA MOBIL DAN FUNGSINYA YANG WAJIB KAMU TAHU

9 Jenis Lampu pada Mobil dan Fungsinya yang Wajib Kamu Tahu

Ada berapa macam lampu yang ada di mobil? Banyak. Setidaknya ada 9 jenis lampu di bagian luar mobil.

Jum'at, 02 November 2018 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi lampu utama mobil (yourmechanic)

OTOSIA.COM - Ada berapa macam lampu yang ada di mobil? Banyak. Setidaknya ada 9 jenis lampu di bagian luar mobil.

Namun, seringnya orang-orang hanya lebih mengenal lampu depan dan belakang. Padahal, ada jenis lampu lain dengan fungsi yang berbeda-beda.

Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia.

Lampu Dekat

Jenis lampu ini adalah lampu yang paling mudah dijumpai dan paling simpel. Lampu dekat atau low beam memiliki jangkauan sinar yang sangat pendek, makanya disebut sebagai lampu dekat. Biasanya, ketika mobil memasuki daerah pemukiman warga, lampu ini bakal sangat dibutuhkan supaya tak mengganggu orang-orang di sekitar jalan.

Lampu Jauh

Sebaliknya, ada lampu jauh yang berguna untuk menerangi jalanan saat berkendara. Jangkauan sinar yang dihasilkan lampu ini lebih jauh daripada lampu dekat. Makanya,lampu ini juga disebut sebagai High Beam. Lampu ini adalah lampu wajib digunakan saat sedang berkendara di jalan-jalan besar, khususnya ketika hari sudah mulai gelap.

Lampu Kabut

Lampu ini sifatnya mengikuti kondisi tempat dan cuaca. Ketika sedang berada di daerah yang berkabut, lampu ini sebaiknya digunakan. Lampu yang disebut juga sebagai Fog Lamp ini, biasanya terletak di depan dan belakang mobil. Fungsi Fog Lamp di belakang mobil adalah untuk memberi tanda kepada mobil lainnya, supaya mereka bisa menjaga jarak.

Lampu Senja

Lampu ini mesti akan dinyalakan ketika sore telah tiba, sesuai dengan namanya. Lampu senja disebut juga sebagai lampu kota, fungsinya, untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya, jika mobil kita berada di suatu lintasan yang sama.

Lampu Tail

Lampu tail atau stop lampu yang terletak di belakang mobil. Biasanya, lampu senja dan lampu tail terhubung melalui saklar yang sama. Jadi, ketika lampu senja dinyalakan, lampu stail pun akan ikut menyala. Kalau lampu senja berfungsi untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya, khususnya mobil yang berada di depan, lampu tail berguna untuk memberi tanda kepada mobil di belakang.

Lampu Rem

Sahabat pasti sudah tau, kalau mobil yang menginjak pedal rem bakal menyalakan lampu belakang mobil. Apa fungsinya? Tentu untuk memberi sinyal kepada mobil di belakang supaya mengurangi kecepatannya.

Lampu Sein

Nah, lampu ini berfungsi untuk memberikan tanda bahwa kendaraan akan berbelok. Pengemudi wajib menyalakan lampu sein sesuai dengan arah yang bakal dituju. Lampu sein bakal menyala di bagian depan dan belakang mobil sebagai peringatan kendaraan lain, bahkan orang lain.

Lampu Hazard

Lampu hazard bisa menyalakan keempat lampu sein secara bersamaan. Lampu ini adalah sinyal bahaya atau darurat. Biasanya, lampu hazard akan digunakan ketika mobil sedang dalam iring-iringan mengantar jenazah. Tak jarang juga, lampu hazard dinyalakan ketika mobil tengah dilanda hujan deras, dilengkapi dengan kabut tebal.

Lampu Mundur

Lampu yang berada di bagian belakang mobil ini akan menyala saat mobil sedang melaju mundur. Lampu ini berfungsi memberikan tanda kepada mobil lain di belakang, supaya mereka tahu bahwa ada mobil yang hendak mundur.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR