HOME » BERITA » DERETAN MOBIL BERMESIN TURBO DAN RAMAH KANTONG, PILIH YANG MANA?

Deretan Mobil Bermesin Turbo dan Ramah Kantong, Pilih yang Mana?

Daihatsu secara resmi mengenalkan Daihatsu Ayla Turbo. Tapi mobil bermesin turbo itu belum dijual secara bebas, hanya sebagai tes pasar.

Jum'at, 08 Maret 2019 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Volkswagen Polo (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Pasar Indonesia rupanya mulai bergeser ke mobil bermesin kecil tapi dibekali turbo. Seperti PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang kini tengah mengenalkan mobil turbo.

Meskipun belum dijual bebas, mobil berbasis Daihatsu Ayla itu disebut untuk tes pasar dan melihat respon konsumen. Jika Ayla turbo belum siap dijual, di pasaran Indonesia sebenarnya sudah ada mobil bermesin turbo. Harganya juga bisa dibilang ramah kantong, apa saja?

1. Volkswagen Polo

Mobil pabrikan Jerman ini cukup memperhatikan soal tenaga dan bahan bakarnya. Karena itu, lahirlah Volkswagen Golf 1.4L lengkap dengan turbo yang menggantikan teknologi supercharger.

Meski tenaganya menurun 20 hp dan torsi 250 Nm, VW Golf 1.4 dipadu transmisi otomatis 7-percepaan kopling ganda, bisa tetap berakselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 8,4 detik.

Sedangkan saudara kandungnya, VW Polo 1.2 TSi (Turbo Stratified Injection) dilengkapi mesin 4-silinder segaris yang mempu menghasilkan daya 105 hp pada 5.000 rpm dan torsi 175 Nm pada 1.500 rpm.

VW Polo dibandrol mulai Rp 265 juta sampai Rp 308 juta.

2.DFSK Glory

DFSK Glory 580 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Mobil asal China yang sudah beredar di Indonesia, DFSK Glory 580 ini juga memiliki varian mesin 1.5L turbo. Mesin itu dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis atau pun manual 6-percepatan. Berkat komponen tersebut, mobil ini mendapat suplai tenaga sebesar 148 hp.

Glory 580 dibekali fitur keselamatan seperti Electronic Stability Programme (ESP), empat titik airbags, dan Electronic Parking Brake (EPB). Di Tanah Air, SUV ini dibanderol mulai Rp 282 juta sampai Rp 308 juta.

3. Chevrolet Trax

Chevrolet Trax (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Trax bisa menjadi pilihan menarik yang patut dibandingkan dengan Glory 580. Memangk akomodasi kabinnya tak mampu mengungguli Glory, tapi ia punya mesin turbo yang tak kalah bertenaga dan kualitas berkendara jempolan.

Mesin 4-silinder 1.4L turbo menghasilkan tenaga 140 PS dan torsi 200 Nm yang disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Fitur keselamatannya juga imbang dengan Glory 580. Ada kontrol stabilitas bernama StabiliTrak, hill start assist dan 6 airbag. Chevrolet Trax dipasarkan seharga Rp 314 juta.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR