HOME » BERITA » DERETAN MOBIL YANG BELUM BERUBAH LEBIH DARI 10 TAHUN

Deretan Mobil yang Belum Berubah Lebih dari 10 Tahun

Mayoritas mobil biasanya mendapatkan penyegaran tiap 3 tahun. Namun ada beberapa mobil yang sudah berumur lebih dari 10 tahun dan minim mengalami perubahan.

Kamis, 07 Oktober 2021 19:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Deretan Mobil yang Belum Berubah Lebih dari 10 Tahun
Mitsubishi L300 (Mitsubishi)

OTOSIA.COM - Biasanya untuk merangsang kembali minat pasar, produsen otomotif kerap melakukan penyegaran tiap 3 tahun sekali terhadap produknya. Pembaruan bisa berupa penambahan fitur, aksesori, edisi khusus atau facelift.

Namun dengan berbagai alasan, termasuk melihat situasi pasar, tidak sedikit sebuah mobil tetap dibiarkan tanpa perubahan selama 10 tahun sejak peluncurannya. Artinya, selama 1 dekade tidak ada perubahan berarti atau minim update selama mobil tersebut dipasarkan.

Berikut kumpulan mobil-mobil yang minim perubahan selama lebih dari 10 tahun di Indonesia:

1 dari 5 Halaman

1. Suzuki APV

Suzuki APV Arena

Saat pertama kali muncul, Suzuki APV sempat diposisikan sebagai penantang duet Avanza-Xenia. Suzuki APV pertama kali dirilis tahun 2004, ini artinya MPV tersebut sudah berumur 17 tahun saat ini.

Untuk penyegaran, APV terakhir menerima facelift berupa model Arena di tahun 2007. Pembaruan ini mencakup perubahan pada eksterior, interior, penggunaan per keong di suspensi belakang, dan peningkatan performa mesin. 

2 dari 5 Halaman

2. Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max (ADM)

Daihatsu Gran Max menjadi salah satu mobil niaga favorit di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007. Di tahun 2021, Gran Max telah memasuki umur 14 tahun.

Sejauh ini Gran Max di Indonesia belum mendapatkan facelift sejak peluncuran perdananya. Artinya mobil boxy buatan Daihatsu ini minim fitur keselamatan mendasar, seperti ABS dan airbags.

3 dari 5 Halaman

3. Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio (ADM)

Berikutnya adalah Daihatsu Luxio. Mobil yang dikenal sebagai kembaran Gran Max ini sudah mengaspal sejak tahun 2009. Pada tahun 2021 mobil niaga ini sudah berumur 12 tahun.

Sama seperti kembarannya, Luxio minim dalam segi fitur keselamatan, seperti tidak adanya ABS dan airbags. Namun karena mobil ini dipasarkan sebagai versi lebih mewahnya Gran Max, Luxio mendapatkan berbagai peranti kenyamanan seperti power windowshead unit layar sentuh, serta door molding dengan aksen kain.

4 dari 5 Halaman

4. Mitsubishi L300

Mitsubishi L300 (Mitsubishi)

Lanjut ke Mitsubishi L300. Mobil niaga yang terkenal bandel ini bisa dikatakan sebagai mobil lawas. Peluncuran perdananya dilakukan pada tahun 1981. Artinya di tahun 2021, mobil ini telah memasuki usia 40 tahun.

Sementara penyegaran pada mobil ini tergolong minim. Mitsubishi L300 masih mengusung tampilan desain ala mobil niaga tahun 1980-an. Lantaran diposisikan sebagai kendataan niara, bahkan bagian dasbor dan speedometernya masih dipertahankan bentuk kotak.

5 dari 5 Halaman

5. Toyota Avanza-Daihatsu Xenia (mendekati)

Toyota Avanza (TAM)

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia saat ini sudah mendekati 10 tahun. Generasi kedua mobil LMPV ini pertama kali diperkenalkan pada bulan November 2011, membuatnya berumur 9 tahun 11 bulan di tahun 2021.

Di antara deretan mobil di daftar ini, Avanza dan Xenia mendapatkan paling banyak penyegaran. Total pembaruan dilakukan sebanyak dua kali. Pertama di tahun 2015, lalu ke-2 di tahun 2019. Pada model facelift ditambahkan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan.

BERI KOMENTAR