HOME » BERITA » DERETAN SKANDAL YANG MENGGUNCANG DUNIA OTOMOTIF

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia Otomotif

Skandal Carloss Ghosn yang menyeret Nissan, Renault, dan Mitsubishi bukanlah satu-satunya skandal besar di dunia otomotif. Bertahun-tahun sebelumnya, banyak pabrikan mobil tersandung skandal akibat orang-orang di dalamnya.

Sabtu, 03 Agustus 2019 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia Otomotif
Skandal yang mengguncang dunia otomotif (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Selain kegagalan produk, dunia otomotif juga kerap dilanda skandal yang dibuat oleh orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Sebut saja skandal Carlos Ghosn, mantan CEO Nissan yang hingga kini masih seru dibicarakan.

Skandal-skandal itu tentu bisa berefek pada keberlangsungan sebuah merek. Bisa saja konsumen tak lagi percaya lalu beralih ke merek lainnya.

Jauh sebelum Carlos Ghosn, skandal-skandal mengguncang dunia otomotif sudah terjadi puluhan tahun yang lalu. Berikut skandal yang pernah mengguncang dunia otomotif, yang dilansir dari Zing:

1 dari 11 Halaman

Pelanggaran Privasi GM

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifPelanggaran Privasi GM

General Motors (GM) pernah tersandung kasus pelanggaran privasi, Whistblower. Pada tahun 1965, pengacara Ralph Nader menerbitkan 'Unsafe At Any Speed', ini merujuk pada kurangnya fitur keselamatan mobil, terutama pada model Chevrolet Corvair dari General Motors.

Industri mobil AS terguncang, yang kemudian mengarah pada penerbitan perarutran keselamatan pada tahun berikutnya. Tapi GM kemudian menyewa detektif untuk mengikuti Nader. Mengetahui hal itu, Nader menuntut GM dan memenangkan kasus tersebut di pengadilan. GM harus membayar denda sebesar USD 425.000 kala itu pada tahun 1970, yang kini setara dengan USD 2 juta.

2 dari 11 Halaman

Skandal John DeLorean

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifSkandal John DeLorean

Dijuluki ayah dari Pontiac GTO, mantan Vice President General Motors (GM), dan founder DeLorean Motor Company, John DeLoran ditangkap oleh FBI pada 1982. Dia ditangkap karena kepemilikan kokain seberat hampir 27 kilogram seharga USD 24 juta (USD 60 juta saat ini).

Pengacara DeLorean mengatakan bahwa kliennya dijebak dan tak bersalah, dalam persidangan. Mungkin saat itu DeLorean sedang beruntung karena bisa bebas. Tapi tak lama kemudian, dia kembali diadili karena dugaan penipuan. DeLorean harus membayar jutaan dolar untuk menyewa pengacara.

3 dari 11 Halaman

Penyuapan Daimler

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifPenyuapan Daimler

Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat, pada 2010 menyimpulkan bahwa perusahaan Jerman, Daimler menyuap pejabat dari berbagai negara sebagai imbalan atas dukungan kebijakan.

Daimler dilaporkan telah menyuap lebih dari USD 56 juta dalam 10 tahun untuk pejabat Rusia, Cina, Nigeria, Hongaria, Latvia, Kroasia, dan Bosnia.

4 dari 11 Halaman

Recall Airbag Takata

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifRecall Airbag Takata

Recall atau penarikan kembali terbesar dalam sejarah industri dunia dialami produsen airbag mobil, Takata. Kala itu, penarikan ini berimbas pada 37 kendaraan. Takata harus memulihkan 50 juta kantung udara.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), lebih dari 250 orang terluka akibat kesalahan airbag. Sementara itu, 15 orang tewas juga karena kesalahan airbag tersebut.

5 dari 11 Halaman

Dieselgate Volkswagen

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifDieselgate Volkswagen

Selama 11 tahun, penipuan emisi Volkswagen adalah pelajaran paling pahit di industri mobil dunia. skandal itu menyebabkan CEO Volkswagen Group, Martin Winterkorn mengundurkan diri, dan perusahaan kehilangan puluhan miliar dolar.

6 dari 11 Halaman

Akselerasi Toyota

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifAkselerasi Toyota

Skandal akselerasi yang mendadak dari Toyota jelas menurunkan reputasi mobil pabrikan Jepang. Citra Toyota sebagai pabrikan dengan mobil andal turun begitu saja.

Kala itu, Toyota harus menarik kembali 5,5 juta kendaraa dan membayar denda USD 1,2 miliar kepada Departemen Kehakiman Amerika Serikat.

 

7 dari 11 Halaman

Skandal Ford-Firestone

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifSkandal Ford-Firestone

Pada tahun 2000, otoritas Amerika Serikat membuka penyelidikan setelah menerima laporan tentang masalah ban Firestone pada Ford Explorer. Ford dan Firestone berdebat.

CEO kedua perusahaan terpaksa mengundurkan diri, kerja sama bilateral berakhir. Lebih Menyakitkan, karena 217 orang tewas da lebih dari 800 orang terluka karena insiden ban Firestone di Ford Explorer.

8 dari 11 Halaman

Akselerasi Audi

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifAkselerasi Audi

Program 60 Menit pada tahun 1986 menyebutkan terjadinya akselerasi tiba-tiba dari Audi 5000. Segera, Audi menerima gugatan yang menyebabkan produsen mobil Jerman melarikan diri dari pasar Amerika Serikta.

Namun, ketika NHTSA menyelidiki, mereka tak menemukan kesalahan mekanis apapun. Ternyaa, Audi 5000 punya pedal rem di dekan akselerator. Kedua pedal itu memiliki bentuk yang sama yang membuat pengemudi Amerika salah pijakan.

9 dari 11 Halaman

Kebakaran Ford Pinto

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifKebakaran Ford Pinto

Pinto populer sejak 1970-an dan menjadi mobil segmen C yang paling menarik. Tapi beberapa tahun kemudian, Pinto tersandung skandal kebakaran pada kecelakaan yang terncana.

Ternyata penyebabnya adalah tangki bahan bakar yang terletak antara gandar belakang dan bumper. Ford menarik kembali 1,4 juta Pinto dan dituntut karena kecelakaan yang menewaskan tiga perempuan.

Kasus ini adalah pertama kalinya bagi pabrikan Amerika Serikat, dalam tuduhan pembunuhan. Meski dinyatakan tidak bersalah, insiden ini masih menjadi momen paling kelam dalam sejarah produsen mobil Amerika.

10 dari 11 Halaman

Kegagalan Transmisi Ford

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifKegagalan Transmisi Ford

Transmisi otomatis Ford pada periode 1966-1980 memiliki kesalahan desain. Kesalahan itu bisa diperbaiki jika pabrikan membayar eksta USD 0,03 untuk setiap gearboks. Tapi Ford tak melakukan itu.

Beberapa tahun kemudian, Ford hampir bangkrut ketika harus membayar USD 23 juta kepada pelanggan. NHTSA mengatakan ada 777 kecelakaan, 259 terluka, dan 77 tewas akibat kesalahan transmisi Ford.

11 dari 11 Halaman

Kesalahan Sistem Pengapian

Deretan Skandal yang Mengguncang Dunia OtomotifKesalahan Sistem Pengapian

Skandal ignition error dari General Motors mungkin terdengar tak terlalu serius. Tapi kesalahan ignition switch GM menyebabkan sensor kemudi, rem, dan airbag tak bekerja.

Akibatnya fatal, 124 orang tewas. GM membayar denda USD 900 juta kepada Departemen Kehakiman Amerika Serikat, USD 35 juta dan kompensasi USD 594,5 juta untuk keluarga para korban.

BERI KOMENTAR