HOME » BERITA » MELIHAT DESAIN KEREN SUV LISTRIK KARYA MAHASISWA ITS

Melihat Desain Keren SUV Listrik Karya Mahasiswa ITS

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat desain SUV yang menurut mereka cocok untuk mobilitas masyarakat Indonesia.

Jum'at, 09 Juli 2021 21:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Melihat Desain Keren SUV Listrik Karya Mahasiswa ITS
SUV dengan desain futuristis, i-Deora. (ITS)

OTOSIA.COM - Tim SACH-MOLINA dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) baru-baru ini memamerkan hasil karya mereka berupa Electric Compact SUV bernama i-Deora. Mobil listrik ini merupakan ide dari Muhammad Haekal Shafi, Ian Reyhan Junior, Fahreza Aji Taruna, Fikriyubi Fertomo, Rhema Agi Magiza, Muhammad Rumi Latif, Fahri Humaidi, Tengku Rafly Rizqulloh, Riqy Rizqyandra, dan Athaariq Ardhiansyah.

Dilansir dari laman resmi ITS, Kamis (8/7/2021), 10 anggota pencetus kreasi ini ingin memberikan solusi bagi mobilitas masyarakat Indonesia. Dengan engineering matang dan desain futuristis, mobil tersebut diklaim bisa menjadi sarana transportasi yang ideal di lingkungan perkotaan.

"i-Deora dapat menjadi kendaraan pelepas penat di akhir pekan karena aman dan nyaman untuk digunakan," ungkap ketua tim SACH-MOLINA, Muhammad Haekal Shafi.

1 dari 2 Halaman

Selain itu, i-Deora juga diharapkan akan menyumpang tahap elektrifikasi Indonesia pada tahun 2030 nanti. "Melalui karya ini, kami ingin membuat suatu gebrakan terhadap dunia riset kendaraan listrik di Indonesia. Perancangan desain ini dilakukan dari sasis atau kerangka, body, interior, keamanan mesin, dan sistem power control," jelasnya.

Mahasiswa Angkatan 2017 itu menambahkan bahwa i-Deora dirancang menggunakan kaidah V-Shape diagram yang membutuhkan tiga tahap.

Pertama adalah pengumpulan berbagai informasi terkait kebutuhan pasar. Kedua berupa perencanaan riset terhadap objek berkaitan dengan bentuk mobil dan spesifikasi idealnya.

2 dari 2 Halaman

Fase terakhir, Haekal dan timnya memasuki tahap pembuatan desain mobil dari konsep, mesin, layouting yang berujung pada sebuah desain akhir berbentuk Compact SUV ini.

Konsep kendaraan masa depan ini berhasil menyabet juara dua kategori Desain Mobil di ajang PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021. Perancangan i-Deora dianggap lengkap dan menyeluruh.

Lebih lanjut, mobil ini diharapkan dapat diproduksi secara masal, bukan hanya sebatas sebuah proyek mahasiswa perguruan tinggi saja.

BERI KOMENTAR