HOME » BERITA » DESAIN MIRIP JEEP, MOBIL SUV INI TERANCAM TAK BISA DIJUAL

Desain Mirip Jeep, Mobil SUV Ini Terancam Tak Bisa Dijual

Mahindra Roxor tercancam tak bisa dijual jika terbukti melanggar hak cipta lantaran desainnya yang mirip Jeep.

Selasa, 28 Januari 2020 18:15 Editor : Cornelius Candra
Desain Mirip Jeep, Mobil SUV Ini Terancam Tak Bisa Dijual
Mahindra Roxor (The Drive)

OTOSIA.COM - Belum lama ini, International Trade Commission (ITC) memutuskan untuk memeriksa kembali mobil bernama Mahindra Roxor. Pasalnya, SUV asal India itu memiliki desain yang mirip dengan Jeep dan terancam pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Sebelumnya, telah diputuskan hakim yang merekomendasikan komisi untuk melarang masuknya kendaraan atau bagian dari Mahindra yang melanggar atau mirip dengan Jeep.

Bagian yang dianggap menjiplak, termasuk karakteristik Jeep yang sudah tercipta di pasaran. Contohnya, Fiat Chrysler Automobile (FCA) melihat grill dan lampu depan Mahindra Roxor mengambil ciri khas Jeep.

1 dari 2 Halaman

Sementara itu, Komisi perdagangan menargetkan penyelesaian penyelidikan pada 20 maret 2020.

Setelah itu, akan direkomendasikan sebuah perbaikan, dan perwakilan Perdagangan AS akan memiliki waktu 60 hari untuk menyetujui, menolak, atau tidak mengambil tindakan apapun atas penyelesaian tersebut.

Mengutip dari Liputan6.com, Mahindra sendiri, menyebut klaim FCA tanpa bukti, dan menyambut baik peninjauan dari komisi dagang tersebut.

2 dari 2 Halaman

"Kami optimis bahwa ITC dalam ulasannya akan menyimpulkan bahwa FCA tidak menetapkan haknya di AS, yang sebelumnya tidak diklaim dalam bentuk dagang dan bahwa tidak ada pelanggaran terhadap bentuk dagang atau merek dagang terdaftar," kata perusahaan itu dalam pernyataan elektroniknya.

Mahindra sendiri mengatakan telah meluncurkan model 2020 dari Roxor, dengan apa yang digambarkannya sebagai perubahan gaya yang signifikan.

Selain itu, pihak pabrikan Tanah Hindustan ini mengatakan akan melakukan perubahan tambahan jika ITC membutuhkannya.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR