HOME » BERITA » DESAIN MOBIL DI MATA SEORANG YANG PERNAH BERCITA-CITA JADI KOMIKUS

Desain Mobil di Mata Seorang yang Pernah Bercita-cita Jadi Komikus

Desainer yang pernah bercita-cita jadi komikus, Seiji Watanabe menilai sebuah desain mobil bukan sekadar bentuk, juga tentang mendesain sebuah kehidupan baru.

Jum'at, 18 September 2020 15:15 Editor : Nazarudin Ray
Desain Mobil di Mata Seorang yang Pernah Bercita-cita Jadi Komikus
Seiji Watanabe dengan desain terbaru Mitsubishi Eclipse Cross (MMC)

OTOSIA.COM - Seiji Watanabe diangkat sebagai Corporate Officer and Division General Manager of Design untuk Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada April 2020 lalu. Dialah orang di balik desain baru crossover Mitsubishi Eclipse Cross yang akan diluncurkan pada tahun fiskal 2020. Tahun fiskal 2020 MMC mulai tanggal 1 April 2020 hingga 31 Maret 2021.

Seiji Watanabe memiliki pengalaman desain otomotif lebih dari 30 tahun. Karenanya dia dipercaya memimpin tim desain global untuk membentuk dan menyempurnakan identitas Mitsubishi Motors yang merepresentasikan mereknya, yaitu Drive Your Ambition.

Yang menarik, keinginannya sejak kecil adalah menjadi seorang pembalap. Tapi siapa sangka akhirnya Watanabe menjadi seorang desainer otomotif yang diandalkan MMMC sekarang.

1 dari 5 Halaman

"Saat itu (masa kanak-kanak) saya berkeinginan menjadi seorang pembalap, komikus, dan juga seniman," ungkapnya. 

Baginya seorang desainer otomotif, juga menjadi bagian dari pekerjaan seorang seniman.

Menjalani profesinya selama puluhan tahun, Watanabe menyatakan desainer otomotif adalah pekerjaan yang menantang sekaligus menarik. 

"Saya ingin memperkaya kehidupan orang melalui mobil. Saya percaya bahwa mobil sangat berpengaruh terhadap suasana perkotaan," katanya.

2 dari 5 Halaman

Ketika ditanya tantangan seorang desainer otomotif, Watanabe menyatakan baginya mobil merupakan sebuah bentuk pergerakan, ruang yang bergerak, serta alat yang mencerminkan diri sendiri. Karena desain otomotif ialah salah satu aspek yang paling menyenangkan dari desain industri.

"Saya ingin memperkaya kehidupan orang melalui desain yang berfokus pada alat," tukas Watanabe, seraya menyebutkan bahwa tokoh bidang arsitektur (Frank Lloyd Wright) menjadi salah satu inspirasinya.

Sebagai seorang senior dalam mendesain kendaraan, Watanabe memberikan saran bagi desainer-desainer muda. Menurutnya, desain bukan hanya tentang mengulik bentuk, tetapi juga tentang kehidupan baru.

 

3 dari 5 Halaman

Selama berkarir Ia termotivasi untuk menciptakan sesuatu dari sebuah "ketiadaan".

"Saya ingin memberikan kejutan kepada orang lewat konsep monokozuri yang murni. Inspirasinya adalah 'a trick like a playful heart'," ungkap pria yang mengisi waktu luang dengan menikmati alam atau membuat sesuatu itu.

4 dari 5 Halaman

Warisan Desain

Meski belum lama menjabat, ia tetap menghormati warisan strategi desain yang dipimpin oleh Kunimoto-San sejak 2014 lalu. Dia akan tetap melanjutkan desain serta warisan Mitsubishi Motors.

"Saya mengendarai Mitsubishi Jeep J36 yang diproduksi tahun 1980-an. Setiap kali saya mengendarai mobil tersebut, saya memiliki keinginan yang kuat untuk melindungi akar dari DNA Mitsubishi," tuturnya.

 

5 dari 5 Halaman

Dijelaskan lebih jauh, desain akan terus berkembang seiring dengan waktu, dan Mitsubishi akan terus menghadapi tantangan dalam memberikan kesenangan serta kepercayaan kepada para pelanggannya. Hal itu akan kami wujudkan dengan menggunakan strategi desain dan keunikan Mitsubishi Motors.

"Kami akan menghadirkan desain yang simpel, menyampaikan pesan desain secara langsung, lalu murah hati, yaitu membuat Anda merasa lega, serta desain yang atletis, menggairahkan dari sisi penampilan. Desain kami akan mengekspresikan kejelasan dan keindahan dari luar, sehingga Anda dapat merasakan kelebihan dan keunggulan dari mobil-mobil Mitsubishi," tutupnya.

BERI KOMENTAR