HOME » BERITA » DETEKSI AKI MOTOR INJEKSI LEMAH, DENGARKAN SUARA MESIN

Deteksi Aki Motor Injeksi Lemah, Dengarkan Suara Mesin

Kondisi aki pada motor injeksi harus selalu diperhatikan dan rutin dicek. Sebab, jika aki lemah maka akan membuat arus listrik tidak stabil dan berpengaruh pada masa pakai komponen kelistrikan.

Sabtu, 29 Desember 2018 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Suzuki Burgman (Motorcycle Daily)

OTOSIA.COM - Kondisi aki pada motor injeksi harus selalu diperhatikan dan rutin dicek. Sebab, jika aki lemah maka akan membuat arus listrik tidak stabil dan berpengaruh pada masa pakai komponen kelistrikan.

Untuk mengetahui aki lemah atau tidak, biasanya akan berpatokan pad alampu. Gejala motor susah dinyalakan pun saat ini tak lagi jadi patokan.

Menurut laman resmi Suzuki Indonesia, Otolovers bisa mendeteksi aki lemah dari suara mesin. Caranya, nyalakan motor lalu perhatikan suara atau putaran mesin saat idle.

Jika performa aki sudah menurun, cirinya mesin motor seperti berdenyut atau naik turun gasnya. Di saat kondisi normal, idle motor injeksi umumnya stabil di rpm yang sudah diatur oleh pabrikan motor.

Sementara untuk motor yang memiliki fitur takometer, kondisi aki pada motor bisa dilihat melalui indikator putaran emsin yang ditampilkan pada fitur tersebut.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR