HOME » BERITA » DETIK-DETIK KEBAKARAN MOBIL SAAT ISI BENSIN GARA-GARA PINTU TERBUKA

Detik-Detik Kebakaran Mobil saat Isi Bensin Gara-Gara Pintu Terbuka

Kebakaran mobil bisa terjadi karena hal-hal yang terkesan sepele dan tidak isadari.

Sabtu, 15 Februari 2020 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Detik-Detik Kebakaran Mobil saat Isi Bensin Gara-Gara Pintu Terbuka
Kebakaran mobil saat isi BBM (Cartoq)

OTOSIA.COM - Sudah banyak kasus kebakaran saat mengisi bensin terjadi lantaran penggunaan handphone. Kebakaran saat mengisi bahan bakar juga bisa disebabkan oleh listrik statis.

Seperti video berikut, yang menunjukkan insiden kebakaran mobil saat mengisi bensin. Dalam video itu, seorang pengemudi pickup truk memarkir kendaraannya di sebelah disepenser bahan bakar ssambil menunggu petugas datang.

Saat petugas datang, dia membuka pintu mobil dan berbincang sembari menunggu petugas selesai mengisi bahan bakar. Si pengemdi terlihat menggantungkan kakinya sebelum api tiba-tiba menyambar keluar dari tutup bahan bakar.

Api bahkan terlihat menyambar hingga ke bagian pintu mobil yang terbuka dan disepenser bahan bakar. Si petugas lari lalu datang membawa fire extinguisher dan berhasil mengontrol keadaan. Sementara si pengemudi berhasil keluar melalui pintu penumpang.

1 dari 2 Halaman

Insiden ini disebut akibat adanya listrik statis yang juga bisa dihasilkan oleh mobil. Listrik statis bisa mncul karena gesekan antara ban dan jalan. Tubuh juga memiliki muatan listrik statis ketika moibl melaju. Maka, ketika keluar dari mobil seperti yang dilkukan pengemudi dalam video meskipun hanya kakinya saja dan tidak menyentuh tanah, listrik statis bisa mengalir dan menyebabkan percikan api. Itu mengapa, saat keluar dari mobil penting untuk memijak pada tanah untuk menetralkan tubuh.

Agar terhindar dari hal seperti ini, cara yang bisa dilakukan adalah matikan mesin mobil dan keluar dari mobil lalu berdiri sedikit menjauh. Jangan pernah masuk ke dalam mobil ketika selang bahan bakar masih melekat pada kendaraan.

Tindakan pencegahan serupa juga berlaku untuk kendaraan roda dua ataupun membeli menggunakan jerigen. Selalu melakukan tindakan pencegahan sat mengisi bahan bakar untuk menghindari insiden seperti itu.

2 dari 2 Halaman

BERI KOMENTAR