HOME » BERITA » DFSK LUNCURKAN MOBIL LISTRIK KOMERSIAL PERTAMA DI INDONESIA

DFSK Luncurkan Mobil Listrik Komersial Pertama di Indonesia

PT Sokonindo Automobile (DFSK) merilis mobil listrik komersial pertama di Indonesia. Mobil bernama DFSK Gelora E itu dirilis dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020

Kamis, 05 Maret 2020 16:45 Editor : Ahmad Muzaki
DFSK Luncurkan Mobil Listrik Komersial Pertama di Indonesia
DFSK Gelora E (Otosia.com/Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Perkembangan mobil listrik di Indonesia tak hanya ada di sektor kendaraan pribadi, tapi juga komersial. Hal itu dibuktikan oleh PT Sokonindo Automobile (DFSK) dengan merilis mobil listrik komersial pertama di Indonesia.

Mobil bernama DFSK Gelora E itu dirilis dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Ini merupakan kesinambungan dari SUV listrik DFSK Glory E3 yang diperkenalkan tahun 2019 lalu.

"Tekad Pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia," ujar CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK), Alexander Barus, di sela-sela peluncuran DFSK Gelora di GIICOMVEC 2020.

1 dari 3 Halaman

Secara fisik, DFSK Gelora E terlahir dalam 2 varian yaitu van dan blind-van. Keduanya dibekali motor listrik bertenaga baterai yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 30 kWh dengan torsi maksimum 80 Nm.

Dengan baterai berkapasitas 42 kWh, DFSK Gelora E diklaim mampu menempuh jarak sekitar 300 km. Pengisian dayanya pun telah didukung fitur quick charge, 0-80% dalam 80 menit. Sedangkan charging time normal sampai penuh, bisa mencapai 8 jam.

Tersedia juga varian mesin bensin 4-silinder inline 1.500 cc. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 ps dan torsi maksimumnya mencapai 140 Nm.

2 dari 3 Halaman

Meski mengisi kelas kendaraan niaga, DFSK Gelora E memiliki kabin yang terbilang nyaman. Di dalamnya terpasang head-unit display touchscreen 8 inci. Terdapat juga 2 mode berkendara, pengereman ABS, double anti collision, dan sensor parkir.

Terlahir sebagai kendaraan komersial, DFSK Gelora E memiliki volume kargo hingga 4.800 liter untuk tipe blind-van. Sedangkan model van atau mini bus mampu mengangkut 7-11 penumpang dengan tempat duduk yang nyaman.

3 dari 3 Halaman

Bersamaan dengan debutnya, kisaran harga mobil van ini sudah diungkap, sekitar Rp175-189 jutaan untuk DFSK Gelora bensin. Sedangkan harga DFSK Gelora E dinanderol mulai Rp469-499 jutaan.

Sayangnya, DFSK Gelora E masih dalam tahap perkenalan. Pasalnya, mobil van listrik ini didatangkan langsung dari China sehingga harganya terlalu tinggi. Alexander berharap mobil ini bisa segera diproduksi di Indonesia agar banderolnya lebih terjangkau.

BERI KOMENTAR