HOME » BERITA » DI BALIK LAYAR SWAP RACE ROSSI DAN HAMILTON SETAHUN LALU, TERNYATA ADA CAMPUR TANGAN MORBIDELLI

Di Balik Layar Swap Race Rossi dan Hamilton Setahun Lalu, Ternyata Ada Campur Tangan Morbidelli

Pembalap MotoGP Valentino Rossi dan pembalap Formula 1 Lewis Hamilton melakukan swap race pada Desember 2019 lalu. Rupanya ada beberapa pembalap lain yang membantu mereka, salah satunya Franco Morbidelli.

Rabu, 20 Januari 2021 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Di Balik Layar Swap Race Rossi dan Hamilton Setahun Lalu, Ternyata Ada Campur Tangan Morbidelli
Swap race Valentino Rossi dan Lewis Hamilton (Yamaha Factory Racing)

OTOSIA.COM - Satu tahun yang lalu, tepatnya pada 9 Desember 2019, duo pembalap papan atas bertukar kendaraan balapan. Pembalap MotoGP Valentino Rossi dan pembalap Formula 1 Lewis Hamilton melakukan swap race di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Setelah satu tahun terlewat, video di balik layar swap race dua bintang sirkuit balap itu baru saja dirilis. Dalam balapa itu, Rossi menggunakan mobil balap Hamilton. Vice versa, Hamilton menggunakan sepeda motor balap milik Rossi.

Dilansir dari Visordown, keduanya memang memiliki latar belakang mengesankan jika bersaing di lintasan balapan. Rossi bahkan sempat dikabarkan hampir menandatangani kontrak untuk tim F1 Ferrari pada 1990-an.

1 dari 5 Halaman

(c) Yamaha Factory Racing

Rossi juga sering menempati podium di Tarmac dan acara dirty-rally. Hamilton pun demikian. Juara Dunia F1 2020 itu juga merupakan brand ambassador dari MV Agusta. DIa juga tidak asing mengendarai roda dua di trek balap.

Saat menjalani swap race itu, Hamilton yang menggunakan Yamaha R1M GYTR-spec mendapatkan beberapa pelajaran dari Michael van der Mark dan Sam Lowes. Pada video yang dirilis Monster Energy itu juga terlihat ada Franco Morbidelli yang siap membantu Hamilton mengenal lebih dekat R1M di lintasan balap.

"Sangat luar bisa melihat legenda seperti Valentino di dalam mobil. Itu mengingatkan saya saat pertama kali saya naik mobil F1. Ketika Anda melihat seluruh tim di sekitar Anda, itu terasa berbeda. Mengenai pengalaman say adengan motor, sangat menyenangkan berada di trek dengna Valentino dengan motor yang sama," kata Hamilton usai melakukan swap race.

Sayangnya saat itu Hamilton mencatatkan waktu lebih lambat 4 detik. Kemungkinan Hamilton saat itu masih belum terbiasa harus memiringkan badan saat di tikungan.

2 dari 5 Halaman

Hasil Duel Valentino Rossi vs Lewis Hamilton

(c) Yamaha Factory Racing

Balapan antara pembalap MotoGP, Valentino Rossi dan pembalap Formula 1, Lewis Hamilton berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Senin (9/12/2019). Sayangnya balapan tersebut tertutup. Hanya ada cuplikan-cuplikan video swap race tersebut.

Pada balapan itu, Rossi mengendarai mobil balap Mercedes-AMG F1 W08 EQ Power+ yang dipakai Hamilton pada tahun 2017. Sedangkan Hamilton juga mengendarai sepeda motor Yamaha YZR-M1 milik Rossi yang dipakai selama musim 2019.

Pada akhir balapan, rupanya catatan waktu keduanya cukup tipis. Melansir Foxsports.com.au, saat balapan mengendarai sepeda motor, Hamilton lebih lambat 4 detik ketimbang Rossi. Sedangkan saat balapan menggunakan mobil, Rossi lebih lambat 1,5 detik ketimbang Hamilton.

 

3 dari 5 Halaman

Sebelum balapan dimulai, keduanya saling menjadi mentor untuk satu sama lain. Mereka berbagi tips ataupun insight, dan menikmati momen pengalaman unik yang mereka rasakan selama balapan.

"Sangat menyenangkan melihat si legenda Valentino Rossi mengendarai mobil. Saya bersemangat melihatnya pertama kali, mengingatkan kepada saya saat pertama kali menggunakan mobil F1. Ketika kamu melihat semua tim di sekitar kamu, seperti berbeda saja," kata Hamilton usai balapan, melalui pernyataan resminya.

4 dari 5 Halaman

Hamilton menambahkan, bahwa dia merasa sangat keren ketika satu lintasan bersama Rossi dan menggunakan sepeda motor yang sama.

Tak hanya Hamilton yang merasa senang atas swap race ini. Rossi pun demikian. Mereka saling melemparkan kekaguman untuk satu sama lain.

"Saya sudah menjadi penggemar Lewis, tapi sekarang menjadi lebih nge-fans. Kami menjalani hari yang menyenangkan, yang mana dua pembalap papan atas tak hanya bertemu, tapi bekerja bersama," kata Rossi.

5 dari 5 Halaman

BERI KOMENTAR