HOME » BERITA » DI BALIK RASA GEMAS, ADA SEPOTONG PONDASI DALAM SEBUAH WULING MINI EV

Di Balik Rasa Gemas, Ada Sepotong Pondasi dalam Sebuah Wuling Mini EV

Wuling Motors memastikan Mini EV akan dipasarkan di tanah air mulai tahun depan. Wuling menjanjikan Mini EV mereka disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Jum'at, 19 November 2021 22:15 Editor : Nazarudin Ray
Wuling Mini EV bikin penasaran pengunjung GIIAS (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Seorang ibu muda menunjuk-nunjuk Wuling Mini EV yang tengah dipajang di lantai pameran gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Warnanya pastel. Ukurannya kecil. Kalau nyetir, rasanya tidak khawatir akan menyenggol mobil, tembok, atau obyek lain di jalan.

"Cocok banget sama aku," ibu muda itu menuntaskan kesimpulannya usai mematut-matutnya.

Tidak hanya Ibu muda tersebut. Siapa juga, ibaratnya, mudah gemas ketika melihat Wuling Mini EV atau yang bernama komplet Hongguang Mini EV ini.

Sepasag suami-istri tertarik Wuling Mini EV

Hongguang Mini EV adalah satu dari sekian "kegemasan" yang diciptakan atas dasar kesadaran bahwa hari-hari ini orang-orang sebenarnya seringnya bepergian sendiri saja, atau mungkin 2-3 orang saja dalam satu mobil.

EV yang berarti mobil listrik merupakan bentuk cita-cita dewasa ini yang didukung pemerintah agar tewujudnya nol polusi udara dan efisiensi biaya operasional.

Kedua unsur, mini dan berdaya listrik, dipadukan dalam sebuah rangkaian desain-desain yang diinisiasi sejak 2014 lalu melalui platform Global Small Electric Vehicle (GSEV).

Hongguang Mini EV pun kemudian hanya satu dari total enam pilihan mobil listrik mini yang sudah dibuat sejak 2017. Lima lainnya adalah E100, E200, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, dan Nano EV.

Mini EV dengan platform GSEV menjadi bintang di booth Wuling Motors

"Platform GSEV merupakan langkah berikutnya dalam persiapan Wuling untuk ikut serta di kancah pasar mobil listrik di Indonesia. Kami berharap pengenalan platform ini dapat memberikan gambaran lebih jelas lini produk EV Wuling yang akan dipasarkan di Tanah Air pada tahun depan," kata Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Tahun depan? Sudah siapkah segala sesuatunya? Stasiun pengisian listrik umum (SPLU)--sebagai perwakilan setara SPBU untuk kendaraan listrik--terlihat masih sepi.

Harga

Mobil listrik memang sudah melaju, tetapi jumlahnya belum bisa dibilang banyak. Anggapannya, karena harganya.

Ketua V Gaikindo, Shodiq Wicaksono, mengatakan harga mobil listrik berbasis baterai saat ini di mata konsumen masih terlalu mahal, yakni Rp 600 juta.

Rasa ingin tahu seorang anak terhadap colokan Wuling Mini EV

"Daya beli masyarakat untuk mobil masih di bawah Rp 300 juta," kata Shodiq dalam webinar Quo Vadis Industri Otomotif Indonesia di Era Elektrifikasi, dikutip Liputan6.com.

Di sini disimpulkan bagaimana sebuah transisi dibutuhkan. Jika harga menjadi daya tarik, maka penggunaannya secara logika akan bertumbuh.

Manakala harga jadi wacana, kesiapan akan kehawatiran-kekhawatiran lain juga pantang untuk luput.

Maklum saja. Manusia akan kaget dengan hal baru. Apakah mobil listrik aman dari air? Apakah isi baterainya tidak kelamaan?

Namun unik bagi Wuling Mini EV, dia seperti menjadi jawaban akan semua pertanyaan tersebut. Soal harga misalnya, sekalipun belum disebut, wacana yang muncul adalah mobil ini kelak akan ramah di kantong alias terjangkau dan memenuhi harapan terkait daya beli dalam bahasan tadi.

Seorang anak mencoba sendiri mengecas Wuling Mini EV

Tahan air? Isi baterai tidak kelamaan? Wuling sudah mempersiapkan hal-hal ini bahkan sebelum ditanya.

Keselamatan

Wuling mengklaim aspek keselamatan berkendara menjadi pilar penting GSEV. Mobil menggunakan rangka baja pada bodi yang kuat dan kantong udara. Selain itu, baterai GSEV dijamin keamanannya melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System.

Tinggal menunggu tahun depan yang artinya tidak lama lagi, apakah GSEV bisa terwujud dengan skema yang serba menjawab tersebut, bersama Wuling Mini EV sebagai perwakilan.

Mulai dari anak kecil sampai orang tua penasaran dengan Wuling Mini EV

Posisi harga pun, jika memang memenuhi harapan daya beli--yang artinya bisa murah, lengkap sudah susunannya. Ia mengisi slot bawah yang belum terisi.

Dengan begitu, di balik menggemaskannya Wuling Mini EV sebagai perwakilan, dia telah mengisi potongan pondasi akan cita-cita terwujudnya mobil listrik di Indonesia.

(kpl/nzr)

BERI KOMENTAR