HOME » BERITA » DI MASA DEPAN, KENDARAAN MUNGKIN AKAN 'ANTI' TABRAKAN

Di Masa Depan, Kendaraan Mungkin Akan 'Anti' Tabrakan

Panasonic sedang melakukan pengujian sistem komunikasi V2X di Denver, Amerika Serikat dengan harapan jaringan tersebut bisa membuat bebas kecelakaan di masa depan.

Jum'at, 28 September 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by DigitalTrends

OTOSIA.COM - Pabrikan teknologi Jepang, Panasonic sedang menguji sistem komunikasi V2X, menggunakan 4 mobil yang terhubung. Keempatnya ditampilkan melalui emapt titik seperti Pac-man di Panasonic Networking Center, di Denver, Amerika Serikat.

Melansir Zing, V2X memang ada 2 titik, tapi ke depannya akan ada ratusan hingga ribuan. Teknologi ini akan memungkinkan kendaraan terhindar dari kecelakaan.

Setiap kendaraan yang bergerak, bisa berkomunikasi satu sama lain, 'berbicara' dengan lampu lalu lintas, pejalan kaki, dan bahkan dengan regulator pemerintah.

Bekerja sama dengan otoritas Transportasi Colorado (CDOT), sistem ini akan mengimplementasikan CityNow Smart Ciy Initiative dengan sel surya, Wi-Fi gratis, sensor kontrol dan teknologi V2X.

Foto by DigitalTrends

Direktur Divisi Ponsep Panasonic, Chris Amstrong mengatakan setiap 10 detik media akan memulai, berbagi, dan menyampaikan data terkait seperti sudut serang, kecepatan status, kaca depan, airbag, dan sistem kontrol traksi.

Transistor yang dipasang di lampu jalan akan menerima sinyal dan mengirimkannya ke pusat CDOT melalui kabel serat optik. Media terintegrasi V2X itu sendiri bisa mengirimkan pesan satu sama lain dalam jarak 2 kilometer.

Termasuk untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda akan terkoneksi ketika smartphone mereka terhubung ke sistem identitas dan mendeteksi risiko tabrakan. Helm kemudian akan dilengkapi dengan sinyal peringatan yang terdengar jika ada risiko tabrakan.

Wakil Presiden CityNow, Jaret Wendt, mengatakan bahwa teknologi V2X ini akan secara signifikan mengurangi kecelakaan fatal hingga 20%. Itu berarti 80% kecelakaan di masa depan tidak akan memakan korban manusia.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR