HOME » BERITA » DI PROVINSI INI, PENJUALAN MOBIL DI IBU KOTA JUSTRU LEBIH KECIL

Di Provinsi Ini, Penjualan Mobil di Ibu Kota Justru Lebih Kecil

Jum'at, 10 Agustus 2018 22:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Ibu kota biasanya menjadi pusat segalanya di suatu provinsi. Seringnya, daerah tersebut menjadi acuan segala tren hingga perekonomian.

Namun tidak di Kepulauan Riau. Tanjung Pinang sebagai ibu kotanya tidak menjadi tempat larisnya penjualan mobil. Namun, kondisinya justru berbeda di Batam.

Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa Mitsubishi justru malah membidik dan membuka dealer di Batam, dan baru kemudian mempertimbangkan wilayah ibu kotanya.

"Di Kepulauan Riau ini baru satu-satunya. Kenapa tidak didirikan di Tanjung Pinang karena di Batam ini luar biasa," ujar Head of Sales & Marketing Region III Department MMKSI, Ilham Iranda Syahputra soal dealer baru untuk Xpander, Pajero, dan lain-lain dengan nama Mitsubishi Pekan Perkasa Berlian Motor Batam itu.

Dealer Batam ini sendiri didirikan atas kerja sama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), dengan Sumatera Berlian Motor (SBM) Group.

Secara angka, nyaris seratus persen penjualan mobil di Kepulauan Riau justru terjadi di Batam.

"Untuk Kepulauan Riau, penjualan mobil 90 persen dari Batam, dalam satu tahun saja penjualan passanger vehicle, tidak termasuk komersial, bisa 7.000 unit, tepatnya 7.158 unit. Kalau per bulan berarti 600-an unit," kata dia.

Bukan cuma angka, pasarnya pun year on year bisa meningkat sampai 20 persen. Ia pun menyebut kalau Batam adalah target pengembangan dealer passanger car di Indonesia.

Dealer ini merupakan dealer kendaraan penumpang pertama di Batam dan Kepulauan Riau, merupakan yang ke-27 di Pulau Sumatera, dan ke-32 untuk kerja sama MMKSI dan SBM group.

Fasilitas servisnya dilengkapi 4 stall untuk fasilitas servis umum, 1 stall inspection line dan 2 stall Mitsubishi Quick Pit, yakni layanan servis ringan kurang dari 60 menit khusus kendaraan penumpang, meliputi air filter dan penggantian oli kendaraan. Kapasitas servisnya hingga 16 kendaraan per hari.

Selain layanan service booking, tersedia layanan HSK (Home Service Kit) bagi konsumen dalam kondisi mendesak untuk servis di lokasi tertentu.

Bagi yang ingin ke bengkel, tersedia ruang tunggu dengan tempat bermain anak, juga koneksi internet.

Dealer Mitsubishi Pekan Perkasa Berlian Motor Batam berlokasi di Jalan Laksamana Bintan Blok IV Nomor 48 BB, Sungai Panas, Batam, Kepulauan Riau, dan memiliki luas tanah 5.502 m2, luas bangunan 1.080 m2, dan dilengkapi showroom seluas 154,7m2 sementara luas area workshop 277,3m2.

Waktu operasional dealer ini Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB.

 (kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR