HOME » BERITA » DIAM-DIAM FDR TES TITISAN BAN BALAP KHUSUS MOTOR 150 CC

Diam-Diam FDR Tes Titisan Ban Balap Khusus Motor 150 CC

Sepeda motor sport kelas 150 cc belakangan ini menjadi pilihan utama konsumen dengan pengguna yang sebelumnya juga sudah loyal. Entah itu Vixion, GSX 150 ataupun CBR.

Minggu, 30 September 2018 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Foto by Nazarudin Ray

OTOSIA.COM - Sepeda motor sport kelas 150 cc belakangan ini menjadi pilihan utama konsumen dengan pengguna yang sebelumnya juga sudah loyal. Entah itu Vixion, GSX 150 ataupun CBR.

Menariknya, motor-motor populer yang biasa dipakai harian sekaligus touring club itu bakal kedatangan pilihan ban baru dari brand berpengalaman FDR.

Lucunya, ban tubeless itu ternyata sudah diam-diam dipakai di sejumlah event supaya biker bisa merasakannya usai tes pabrik dan ban ini sendiri mempunyai satu keunikan soal fiturnya.

Salah satu tes itu berlangsung di Bali-Lombok oleh komunitas FDR Brotherhood dalam rangka touring dan bakti sosial untuk memberikan bantuan kepada korban gempa bumi di Lombok Utara.

"Kami kasih kesempatan ngetes mereka ban baru kami. Kami sudah minta testimoni setelah dicoba dari Bali sampai lokasi posko, sampai kembali ke Sengigi," kata Liem Chandra Mintara, Direktur PT Tiga Inti Mitra, distributor resmi ban FDR di Bali dan Lombok.

Ban yang dites ini bernama Maxtreme dan memang dikhususkan bagi sepeda motor sport 150 cc.

"Motor yang dipakai untuk tes itu Vixion dan CBR yang memang sesuai dengan ukuran ban yang kami punya," tambahnya.

Maxtreme sendiri sebenarnya merupakan ban resmi Kejurnas Supermoto lalu di Jawa Timur. Ban yang disiapkan dua ukuran, yakni 110 dan 130 ukuran velg 17 inci.

Lalu apa keunikan fiturnya? Ban yang dipastikan bisa untuk touring dengan kompon intermediate ini memakai indikator masa pakai baru yang diberi nama "Progressive TWI". Fitur itu sendiri ibarat titisan ban balap karena memang dibuat berdasarkan fitur yang ada di ban balap mereka.

"Di ban slick (ban balap yang diproduksi FDR) juga ada TWI-nya. Dari situ kita terpikir kenapa enggak buat gradual, jadi idenya dari situ. Jadi identik FDR-nya itu sekarang Progressive TWI. Itu kan ada tiga titik, persentase indikator kalau sudah 25 persen, berarti usia pakai ban sudah tinggal 75 persen," kata M. Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Ruberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal.

Ban FDR Maxtreme tersedia dalam ukuran 110/70-17 TL dijual dengan harga Rp 365 ribu, dan ukuran 130/70-17 TL dibanderol Rp490 ribu.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR