HOME » BERITA » DIDESAIN KHUSUS UNTUK INDONESIA, INI KELEBIHAN SUSPENSI DATSUN CROSS

Didesain Khusus Untuk Indonesia, Ini Kelebihan Suspensi Datsun Cross

Jum'at, 04 Mei 2018 12:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Cross yang dihadirkan Datsun merupakan model yang sengaja dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia. Sebagai mobil pengubah image Datsun, Cross memiliki desain baru, baik dari segi tampilan maupun setingan performa yang dikembangkan sesuai dengan masukan dari tim pengembang di Indonesia. Salah satu komponen yang mendapatkan setingan baru adalah suspensi.

"Kita waktu awal-awal pengembangan itu punya banyak input desain. Memang kita sesuaikan (supensi Cross) dengan kondisi di Indonesia, seperti jalan yang rusak dan sebagainya. Jadi kami memberikan masukan mengenai hal ini kepada desainer di Jepang," jelas Jauhari Adzannis, Senior Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia di Yogyakarta, Kamis (03/05).

Suspensi Cross mendapatkan pengubahan yang cukup signifikan. Hal tersebut disebabkan karena konsep karakter mobilnya yang berbeda dengan dua model Datsun sebelumnya. Di mana desainer Cross memberikan peningkatan damping force pada suspensi, sehingga membuatnya tidak terlalu banyak mengayun.

"Semua suspensi Datsun Cross kita tunning ulang, karena ketinggian kita adjust untuk high ground clearance dan perubahan size (velg) dari 13 jadi 15 inci. Makanya kami tunning lagi," jelas Anton Khristianto, Manajer R&D Nissan Motor Indonesia.

Setingan tersebut memugkinkan suspensi Cross memberikan kenyaman dalam berbagai kondisi jalan. Selain itu, Cross mampu bermanuver dengan stabil, meskipun ground clearance-nya mencapai 200 mm.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

(kpl/fid/crn)

BERI KOMENTAR