HOME » BERITA » DIDUGA LAKUKAN KOLUSI, 5 PABRIKAN MOBIL 'DISEMPRIT' KOMISI EROPA

Diduga Lakukan Kolusi, 5 Pabrikan Mobil 'Disemprit' Komisi Eropa

Soal aturan di Eropa yang sangat ketat sudah jadi rahasia umum. Komisi Eropa kini sedang menyelidiki beberapa pabrikan ternama atas dugaan pelanggaran antitrust terkait suku cadang mobil.

Selasa, 26 Februari 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Komisi Eropa selidiki dugaan kasus antitrust lima pabrikan otomotif (Carscoops)

OTOSIA.COM - Soal aturan di Eropa yang sangat ketat sudah jadi rahasia umum. Komisi Eropa kini sedang menyelidiki beberapa pabrikan ternama atas dugaan pelanggaran antitrust terkait suku cadang mobil.

Melansir Carscoops, beberapa brand mobil yang tersandung kasus tersebut adalah PSA Group, Nissan, Renault, Fiat Chrysler Automobiles dan Jaguar Land Rover.

Penyelidikan ini diduga sudah dilakukan sejak bulan Desember lalu. Beberapa brand tersebut diduga berkolusi atau tidak menaikkan harga suku cadang mereka sebanyak 25 persen.

Sayangnya, hingga berita ini beredar, tak satupun dari lima pabrikan itu menanggapi dugaan kasus itu. Jika terbukti, maka ini akan menjadi penyelidikan besar-besaran kedua yang dilakukan oleh Komisi Eropa.

Sebelumnya, Volkswagen, Daimler, dan BMW sudah diselediki dan terbukti melakukan pelanggaran.

Kasus besar ini nampaknya akan menjadi pukulan berat buat para produsen mobil Eropa yang saat ini sedang berjuang menanti kepastian terkait kebijakan tarif mobil mereka di Amerika Serikat. Ditambah soal Brexit yang tidak menemui kata sepakat dan berpotensi menipiskan rantai pasokan antara Uni Eropa dan Inggris.

Sementara bagi Renault dan Nissan, kasus ini akan menambah panjang daftar hukum mereka setelah sebelumnya kedua perusahaan tersebut sedang dilanda kasus besar terkait penangkapan mantan pemimpin mereka yaitu Carlos Ghosn.

(kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR