HOME » BERITA » DIDUGA LANTARAN PJU DIPADAMKAN SAAT PPKM DARURAT, TOYOTA INNOVA PUTIH NYUNGSEP DI SEMARANG

Diduga Lantaran PJU Dipadamkan saat PPKM Darurat, Toyota Innova Putih Nyungsep di Semarang

Pemadaman PJU selama PPKM Darurat menimbulkan pro dan kontra. Beberapa orang sangsi dengan aturan tersebut lantaran khawatir memicu tindak kejahatan jalanan hingga kecelakaan.

Rabu, 14 Juli 2021 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Diduga Lantaran PJU Dipadamkan saat PPKM Darurat, Toyota Innova Putih Nyungsep di Semarang
Kecelakaan di Semarang (TikTok/infosemarangterkini)

OTOSIA.COM - Selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, lampu penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah daerah dipadamkan. Dengan pemadaman PJU tersebut diharapkan bisa mengurangi mobilitas masyarakat sehingga bisa menekan penularan COVID-19.

Namun kenyataannya, masih banyak orang yang beraktivitas pada malam hari. Entah untuk bekerja atau dalam kondisi darurat. Dalam kondisi gelap seperti itu belakangan disebut-sebut menyebabkan para pengendara yang mengalami kecelakaan.

Seperti yang belum lama ini terjadi di Semarang. Kecelakaan lalu lintas tunggal melibatkan pengemudi Toyota Innova. VIdeo kecelakaan tersebut pun viral di media sosial.

1 dari 5 Halaman

Disebut Lantaran PJU Dipadamkan

(c) TikTok/infosemarangterkini

Pada video yang dibagikan oleh akun TikTok @infosemarangterkini pada 14 Juli 2021, tampak satu unit Innova putih yang menabrak.

"ngeri lampune dipateni kabeh akeh seng kecelakaan," begitu tertulis pada video yang artinya ngeri lampunya dipadamkan semua banyak yang kecelakaan.

Pada keterangan video disebutkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di jalan Ki Manginsarkoro, tepatnya di depan Stadion Diponegoro, Semarang. Mobil Innova yang terlibat kecelakaan itu disebut menggunakan pelat nomor L (Surabaya, red).

"lokasi di Jl Ki Manginsarkoro tepatnya di depan Std Diponegoro. kecelakaan tunggal di alami mobil innova putih plat L," begitu tertulis pada keterangan video.

2 dari 5 Halaman

(c) TikTok/infosemarangterkini

Pada awal video, tampak bagian belakang Innova tersebut terangkat. Beberapa orang tampak mengerumuni mobil tersebut.

"Jadi laka lantas lur di jalan stadiun, goro-goro peteng lampune, ngeri," begitu terdengar suara laki-laki dalam video itu.

 

3 dari 5 Halaman

Tanggapan Netizen

(c) TikTok/infosemarangterkini

Video tersebut sudah disukai lebih dari 4.500 kali dan mendapatkan beragam tanggapan dari netizen. Beberapa menyebut bahwa pemadaman PJU memang dilakukan agar masyarakat tetap di rumah saja.

"d petenge maksut Ben ra do lungo," komentar Bundamaniz47 yang artinya digelapkan maksudnya biar tidak pada pergi.

"padahal wes Ono peraturan mulai tanggal 12 Khie pukul jam 6 dimatii lampune wes pokok e warga Jateng ati" (padahal sudah ada peraturan mulai tanggal 12 pukul 6 dimatikan lampunya pokoknya warga Jateng hati-hati)" ya dlm perjalanan seng kerjo," komentar asyifa

"makane dirumah saja mas,..itu lampu peteng disuruh dirumah (makanya di rumah saja mas, itu lampu gelap disuruh di rumah)," komentar Annik Winarsih

4 dari 5 Halaman

Pemadaman lampu PJU selama PPKM Darurat memang menimbulkan pro dan kontra. Sebagian tak sepakat jika aturan itu diterapkan lantaran khawatir terjadi tindak kejahatan jalanan atau kecelakaan seperti yang terjadi tersebut.

"akhirnya... yg di khawatirkan itu terjadi . yg membuat kebijakan siapa . sudahkan mensimulasikan sesuatu yg akan tejd, bertindak baru mikir," komentar Widianto Hendrawan

"in yg q takut kan ,ternyata kejadian jg," komentar dewisuryawati350

"Nggak guna juga lampu lal lintas dimatikan lebih bahaya nanti malah banyak kejahatan," komentar Dewi Utomo.

Berikut videonya:

5 dari 5 Halaman

@infosemarangterkini

lokasi di Jl Ki Manginsarkoro tepatnya di depan Std Diponegoro. Kecelakaan tunggal di alami mobil innova putih plat L. ##semarang ##info

? suara asli - info semarang terkini

BERI KOMENTAR