HOME » BERITA » DIISUKAN TEAM ORDER, INI TANGGAPAN TIM SCUDERIA FERRARI

Diisukan Team Order, Ini Tanggapan Tim Scuderia Ferrari

Tim Formula 1 Scuderia Ferrari akhirnya angkat bicara terkait isu bahwa mereka melakukan team order di seri pertama.

Selasa, 19 Maret 2019 20:45 Editor : Cornelius Candra
Secuderia Ferrari F1 (Motorsport.com)

OTOSIA.COM - Seri perdana Formula 1 yang digelar di sirkuit Albert Park, Australia, pada minggu (18/03) kemarin, memang telah berakhir. Pada balapan tersebut, dua pembalap asal tim Mercedes yaitu Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton berhasil finish di urutan pertama dan kedua.

Rival bebuyutan dari tim Mercedes, yaitu tim Ferrari harus puas finish di posisi 4 dan 5. Menariknya, dilansir dari Motorsport, baru-baru ini beredar sebuah rumor bahwa Ferrari melakukan tim order pada balapan tersebut.

Hal itu didasari atas komunikasi yang dilakukan oleh pembalap mereka Charles Leclerc dan kepala tim Ferrari Mattia Binotto melalui radio komunikasi.

Saat itu, Leclerc bertanya melalui radio komunikasinya kepada tim, apakah dia harys tetap berada di belakang Vettel atau tidak. Tim prinsipal dari Ferrari pun memerintahkan Leclerc untuk tetap berada di belakang Vettel dan membuat jarak di antara mereka.

Pihak tim Ferrari beralasan bahwa keputusan tersebut bukanlah sebuah tim order melainkan mereka tidak ingin mengambil resiko. Mereka mengatakan bahwa saat itu Vettel menggunakan ban yang telah berusia cukup lama dibandingkan Leclerc.

Tim Ferrari khawatir, jika kedua pembalap mereka saling bertarung justru dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan dan tentu akan merugikan tim. Apalagi, Binotto menilai bahwa mereka tidak perlu bertarung jika hanya untuk merebutkan posisi keempat.

Tujuan menjaga jarak posisi tersebut juga merupakan strategi dari tim Ferrari untuk memberikan ruang bagi Leclerc dalam mencatatkan waktu tercepat. Sayangnya, Leclerc tetap gagal meraih waktu tercepat di balapan tersebut, karena catatan waktu tercepat diraih oleh sang juara Valtteri Bottas.

"Terlalu berresiko jika membiarkan mereka saling bertarung untuk hal yang tidak perlu. Seb menggunakan ban medium yang sudah cukup lama dan dia juga telah bertarung habis-habisan dengan Verstappen. Jadi kami memutuskan bahwa di 10 lap terakhir, kami tidak ingin mengambil resiko dan memilih mempertahankan posisi," ujar Binotto.

Namun, bos Ferrari tersebut juga tak menampik bahwa pada awal musim, Ferrari memang telah memutuskan akan memprioritaskan Vettel sebagai peraih gelar jika memang situasi tersebut memungkinkan.

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR