HOME » BERITA » BEGINI JADINYA BILA MOBIL LISTRIK WULING MELIBAS BANJIR

Begini Jadinya Bila Mobil Listrik Wuling Melibas Banjir

Sebuah Wuling Mini EV berwarna merah muda terjebak banjir di China. Yang menarik, mobil itu masih bisa berjalan meski terendam air cukup tinggi.

Jum'at, 24 Desember 2021 13:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Begini Jadinya Bila Mobil Listrik Wuling Melibas Banjir
Ilustrasi Wuling Mini EV mencoba menerjang banjir di China (YouTube/serba semua)

OTOSIA.COM - Menjelang GIIAS 2021 kemarin, Wuling Motors Indonesia (Wuling) memperkenalkan dua mobil listrik berbasis platform GSEV. Pertama adalah Wuling Hongguang Mini EV dan kedua, Bao Jun Kiwi EV.

Wuling GSEV rencananya mulai diproduksi dan dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2022. Jika kelak dipasarkan di Indonesia, bisa jadi keduanya merupakan pilihan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Sebagai contoh Wuling Mini EV dibanderol mulai dari CNY 37.600 atau sekitar Rp 84 jutaan (dengan kurs CNY 1 = Rp 2.243,41). Harga itu jauh lebih murah dibanding mayoritas mobil listrik di Indonesia yang diberi harga di atas Rp 600 juta.

Dengan harganya yang murah, tentu menimbulkan sedikit tanda tanya, apakah mobil listrik mungil tersebut sanggup bertahan di iklim Indonesia? Apalagi beberapa kota di Indonesia kerap dilanda banjir jika musim penghujan.

1 dari 4 Halaman

Mini EV 'berenang' di China

Wuling Mini EV di tengah banjir yang tinggi (YouTube/serba semua)

Pertanyaan tersebut terjawab melalui sebuah tayangan video di Tiongkok. Baru-baru ini sebuah video singkat menunjukkan uji nyata ketangguhan Wuling Mini EV. Dilansir wapcar.my, rekaman singkat itu memperlihatkan sebuah Mini EV yang terjebak banjir di China.

Banjir yang terekam kamera itu cukup tinggi, bahkan roda truk yang melintasi area itu nampak tertutup air.

2 dari 4 Halaman

Genangan air yang cukup tinggi membuat Wuling Mini EV itu terlihat mengapung dan terombang ambing saat terkena gelombang air dari kendaraan lain yang melintas. Hal ini bisa jadi disebabkan bobot Mini EV yang seberat 700 kg.

Selang beberapa lama kemudian, Mini EV berkelir merah muda itu menemukan permukaan jalan yang lebih tinggi. Yang menarik, mobil mungil itu tidak mengalami korslet. Bahkan sanggup berjalan untuk keluar dari banjir.

3 dari 4 Halaman

Mini EV berstandar IP68

Wuling Mini EV berhasil keluar dari banjir (YouTube/serba semua)

Video itu menimbulkan pertanyaan lain, mengapai Wuling Mini EV sanggp bertahan dalam kondisi terendam air cukup tinggi.

Hal ini dijelaskan dalam situs greencarcongress.com. Di situs tersebut dinyatakan Wuling Hongguang Mini EV sudah berstandar IP68, seperti smartphone premium yang tahan air dan debu, serta sudah melalui 16 uji pengetesan keamanan dan keselamatan.

Dengan kata lain, Wuling Mini EV sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat bertahan di berbagai macam kondisi, bahkan melibas banjir sekalipun.

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR