HOME » BERITA » DIKABARKAN PRODUKSI LOKAL, RAIZE - ROCKY LANGSUNG DAPAT PAJAK 0 PERSEN?

Dikabarkan Produksi Lokal, Raize - Rocky Langsung Dapat Pajak 0 Persen?

Kabarnya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan diproduksi di Indonesia dan bisa dapat pajak 0 persen.

Rabu, 24 Februari 2021 18:45 Editor : Cornelius Candra
Dikabarkan Produksi Lokal, Raize - Rocky Langsung Dapat Pajak 0 Persen?
Toyota Raize (Toyota)

OTOSIA.COM - Kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia semakin dekat. Setelah tercatat di Permendagri No.1 Tahun 2021, beberapa dealer juga sudah membuka pemesanan untuk kedua mobil SUV tersebut.

"Saat ini memang unitnya (Toyota Raize) belum ada, tapi akan sampai (di dealer) dalam waktu dekat. Peluncurannya juga tidak lama lagi," terang seorang tenaga penjual mobil Toyota kepada redaksi Otosia belum lama ini.

1 dari 3 Halaman

Toyota Raize

"Pemesanan sudah dibuka, booking-fee cukup Rp10 juta. Soal harga resminya masih belum diinfokan, kemungkinan di antara Avanza dan Rush, sekitar Rp150-250 jutaan. Kalau produksinya di mana, terus terang saya tidak tahu. Kabar-kabarnya diproduksi lokal supaya harganya bisa terjangkau," tambahnya.

Seandainya memang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky`diproduksi secara lokal, ada kemungkinan keduanya bisa menikmati program Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen. Kebijakan ini dijadwalkan berlaku mulai Maret 2021 mendatang.

2 dari 3 Halaman

Daihatsu Rocky

Setidaknya ada 3 syarat agar sebuah mobil dapat menikmati program relaksasi pajak ini. Pertama ialah CKD (completely knock down) atau dirakit di Indonesia. Selain itu, komponen lokalnya lebih dari 70 persen, serta kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc.

Berdasarkan data Permendagri No.1 Tahun 2021, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan hadir dalam 2 varian mesin, yakni 1.000 cc turbocharger serta 1.200 cc NA (naturally-aspirated). Jelas, kedua SUV ini sudah memenuhi syarat yang pertama.

3 dari 3 Halaman

Daihatsu Rocky

Memang, beredar rumor bahwa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan dirakit secara lokal di salah satu pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Tapi, sempat terdengar isu juga bahwa sepasang SUV ini nantinya berstatus CBU (completely built-up) atau diimpor secara utuh dari Jepang atau pun basis produksi lainnya.

Jika benar-benar CKD, kita tinggal menunggu besaran tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada keduanya. Tapi, seandainya Toyota Raize dan Daihatsu Rocky berstatus CBU, jelas pajak 0 persen tidak akan berlaku. Menarik untuk ditunggu.

BERI KOMENTAR