HOME » BERITA » DIKLAIM JADI SUV LISTRIK BERTENAGA SURYA PERTAMA, SIMAK FAKTA TENTANG HUMBLE ONE

Diklaim Jadi SUV Listrik Bertenaga Surya Pertama, Simak Fakta Tentang Humble One

Humble One diklaim menjadi SUV listrik bertenaga surya pertama di dunia. Benarkah begitu?

Senin, 19 Juli 2021 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Diklaim Jadi SUV Listrik Bertenaga Surya Pertama, Simak Fakta Tentang Humble One
Humble One (Gaadiwaadi)

OTOSIA.COM - Mobil listrik yang selama ini cukup tenar adalah yang menggunakan baterai. Namun, ada jenis mobil listrik lain yang sebenarnya cukup populer, seperti bertenaga hidrogen dan bertenaga surya.

SUV listrik Humble One salah satunya. SUV ini menggunakan tenaga surya dan diklaim menjadi yang pertama. Dilansir dari Gaadiwaadi, SUV ini juga sudah menerima lebih dari USD 20 juta uang pemesanan dalam pre-order.

Seperti diketahui, HUmble One dibuat oleh Humble Motors yakni startup yang berbasis di California. Humble One adalah SUV listrik konsep yang belum lama ini dipamerkan.

1 dari 6 Halaman

Humble One disebut langsung mencuri perhatian lantara menggunakan tenaga yang belum banyak digunakan. SUV ini menggnakan energi matahari untuk menghasilkan tenaga yang disuplai ke motor listrik.

Mobil ini bisa menjangkau jarak sejauh 96 kilometer. Humble percaya bahwa tenaga surya adalah masa depan mobilitas. Meski SUV ini masih dalam bentuk konsep, berikut adalah 5 fakta tentang Humble One:

2 dari 6 Halaman

1. Pertama di Dunia?

(c) GaadiWaadi

Humble One diklaim menjadi SUV listrik tenaga surya pertama di dunia. Namun seperti diketahui, tentu saja mobil rakitan startup ini bukan yang pertama. Ada Hyundai Sonata dan Karma Revero yang lebih dulu menggunakan teknologi ini.

Namuan, Humble One akan menjadi SUV pertama yang menampilkan panel surya di atapnya. Panel surya itu akan menghasilkan energi untuk jarak tempuh 96 kilometer setiap hari.

Tapi belum diketahui bagaimana sistem tersebut bekerja jika tak ada matahari atau ketika dalam musim atau cuaca lain.

 

3 dari 6 Halaman

2. Masih Konsep

(c) GaadiWaadi

Desin Humble One masih dalam bentuk konsep awal, yang berarti versi siap produksi tersebut akan banyak perubahan. Garis atapnya miring, gril besar berwarna hitam di bagian depan, dan lampu depan sipit menggunakan LED. SUV itu memiliki pintu tnapa pilar dan kaca spion biasa.

Humble One menggunakan velg alloy berwarna hitam dan ban yang tampak keluar dari bodi mobil.

Di bagian belakang, desain lampu belakanganya berbentuk boomerang yang dihubungkan dengan tiga garis horizntal yang melintang di seluruh bagian belakang mobil. SUV ini juga memiliki spoiler belakang dan splitter yang menambah kesan sporty.

 

4 dari 6 Halaman

3. Spesifikasi

(c) GaadiWaadi

Humble One menggnakan lebih dar 80 kaki persegi sel fotovoltaik rekayasa yang dipasang di atapnya. Ini menghasilkan daya listrik yang cukup untuk menjangkau jarak sekitar 96 kilometer per hari.

Menurut perusahaan, Humble One akan menawarkan daya jangkau sejauh 805 kilometer dalam sekali pengisian penuh. Berkat desain paling aerodinamis, SUV ini memiliki koefisien drag sebesar 0,25.

5 dari 6 Halaman

4. Peluncuran

Sudah menerima total pemesanan dengan dana terkumpul sebanyak USD 20 juta dalam pre order, peluncuran Humble One masih cukup lama. Mobil itu diperkirakan tidak akan memasuki produksi sebelum 2024.

6 dari 6 Halaman

5. Harga

Pabrikan mobil mengklaim bahwa harga untuk SUV listrik akan dibandrol mulai USD 109.000. Jika dirupiahkan, harga SUV listrik bertenaga surya itu sekitar Rp 1,5 miliaran (Kurs USD 1 = Rp 14.492).

BERI KOMENTAR