HOME » BERITA » 10 AREA DILARANG PARKIR KENDARAAN, WAJIB TAHU AGAR TIDAK KENA TILANG

10 Area Dilarang Parkir Kendaraan, Wajib Tahu Agar Tidak Kena Tilang

Ada beberapa area yang meski tidak ada rambu dilarang parkir, tetapi pengendara haram untuk parkir di tempat itu

Rabu, 19 Agustus 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
10 Area Dilarang Parkir Kendaraan, Wajib Tahu Agar Tidak Kena Tilang
Parkir mobil sembarangan (doyourpark.com)

OTOSIA.COM - Salah satu rambu lalu lintas yang kerap kali dilanggar para pengendara mobil atau motor adalah rambu dilarang parkir. Jelas-jelas ada tandanya, masih banyak kok para pengemudi bandel yang melakukan ini. Dalihnya pun cukup banyak, seperti berhenti sebentar atau mau beli barang di toko depan.

Soal parkir sembarangan pun juga cukup banyak kasusnya. Selain contoh tadi, ada juga pelanggaran di jalan-jalan perumahan. Biasanya hal ini dilakukan pemilik kendaraan karena di rumahnya tidak ada garasi.

Maka tak heran, jika banyak spanduk yang dipasang di jalan masuk ke sebuah area dengan tulisan "lebih baik miliki garasi dulu, baru beli mobil" atau "dilarang parkir di pinggir jalan".

Terkait hal itu, sebenarnya ada beberapa area yang memang dilarang parkir di sana, meskipun tidak ada rambu-rambu yang terpasang. Para pengemudi pun wajib mengetahui area-area dilarang parkir ini, berikut 10 area dilarang parkir kendaraan yang dilansir dari laman Nissan Indonesia.

1 dari 10 Halaman

Dilarang Parkir di Tikungan, Bahu Bukit, atau Sebuah Jembatan

beafunmum.com

Para pengemudi dilarang parkir di area tikungan, bahu bukit, atau sebuah jembatan. Pasalnya jika dilakukan cukup membahayakan, karena area tadi memiliki titik blind spot atau titik buta pengendara. Jika pengendara yang melintas kurang hati-hati, tabrakan bisa terjadi.

2 dari 10 Halaman

Parkir di Trotoar dan Jalur Sepeda

nanaimobulletin.com

Selain pengendara kendaraan bermotor, pengguna jalan lain pun punya hak, seperti pejalan kaki dan pesepeda. Para pengemudi dilarang parkir di area tersebut. Selain membahayakan dua pengguna jalan tadi, hal itu juga telah melanggar hak-hak mereka. Pastinya pelanggar akan ditilang pihak kepolisian.

3 dari 10 Halaman

Dekat Lampu Lalu Lintas atau Penyebrangan Pejalan Kaki

Instagram/@cianjurtoday

Area dilarang parkir berikutnya adalah dekat lampu lalu lintas dan penyebrangan pejalan kaki. Jika ini dilakukan tentu bisa mengganggu arus lalu lintas yang ada dan menghambat para pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan.

4 dari 10 Halaman

Dilarang Parkir di Jalan dengan Lalu Lintas yang Melaju Cepat

Topgear.com.ph

Parkir di jalan utama atau di jalan dengan lalu lintas yang melaju cepat jelas sangat dilarang. Sebab hal ini bisa memicu terjadinya kecelakaan.

5 dari 10 Halaman

Parkir Berhadapan Mobil di Seberang Jalan

Nytimes.com

Ini nih yang kerap terjadi di area perumahan. Banyak mobil yang diparkir di kanan dan kiri jalan. Jelas para pengendara dilarang parkir di area ini, sebab bisa mengganggu arus lalu lintas yang ada. Badan jalan jadi semakin sempit apabila banyak mobil yang diparkir demikian.

6 dari 10 Halaman

Di Persimpangan, Pemberhentian Bus, dan Tepat di Sebelah Hidran

doyourpark.com

Para pengendara kendaraan juga dilarang parkir dalam 6 meter (20 kaki) dari suatu persimpangan, atau dalam 9 meter (30 kaki) dari suatu pemberhentian bus. Kemudian jangan parkir 3 meter (10 kaki) di sisi lain hidran pemadam api atau yang dapat mengganggu akses kendaraan pemadam ke hidran.

7 dari 10 Halaman

Menghadapkan bagian depan mobil ke arah lalu lintas yang berlawanan

Lifehacker.com.au

Parkir seperti ini juga dilarang ya Otolovers, sebab hal ini bisa memicu terjadinya kecelakaan. Sebab bagian depan mobil tersebut bisa membingungkan dan mengagetkan para pengemudi lainnya.

8 dari 10 Halaman

Sepanjang Jalan Licin

Jukinmedia.com

Kemudian para pengendara kendaraan bermotor juga dilarang parkir di area sepanjang jalan licin. Pasalnya mobil yang diparkir bisa saja tergelincir dan berjalan sendiri, meskipun dalam kondisi direm.

9 dari 10 Halaman

Di Jalan Layang dan Terowongan

Thehindu.com

Selain area-area tadi, para pengendara pun dilarang parkir di jalan layang dan terowongan, serta di sisi jalan yang menuju jalan layang atau terowongan.

10 dari 10 Halaman

Di Atas Pinggiran Rumput atau Bahu Jalan

Peninsulanewsreview.com

Area dilarang parkir yang terakhir adalah di atas pinggiran rumput atau bahu jalan. Tentu ini menjadi salah satu pelanggaran ya Otolovers, sebab bisa merusak taman atau rumput yang sedang tumbuh.

Jika pun Otolovers terpaksa untuk parkir di area-area tadi, seperti saat dalam kondisi darurat, pastikan untuk menggunakan segitiga pengaman. Selain itu jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard dari kendaraan atau tanda isyarat lain yang bisa diketahui pengendara lainnya.

BERI KOMENTAR