HOME » BERITA » DINAS PEMADAM DKI MESTI BELAJAR HADAPI KECELAKAAN MOBIL LISTRIK

Dinas Pemadam DKI Mesti Belajar Hadapi Kecelakaan Mobil Listrik

Dinas Kebakaran DKI Jakarta diminta mempelajari penanganan kecelakaan yang melibatkan kendaraan listrik, terutama saat terjadi kebakaran.

Minggu, 26 Desember 2021 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Dinas Pemadam DKI Mesti Belajar Hadapi Kecelakaan Mobil Listrik
Ilustrasi Wuling GSEV (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Faktor-faktor pendukung mobil listrik di Indonesia dibutuhkan dalam mewujudkannya. Salah satunya dalam pendukung keselamatan.

Berbeda dengan mobil dengan motor bakar, mobil listrik memiliki kekhususan dalam penanaganan manakala terjadi kecelakaan termasuk kebakaran.

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) memandang bahwa dalam hal kebakaran, dinas pemadam memiliki peran penting untuk memahami hal ini.

"Jadi nanti sangat penting sekali dinas kebakaran itu dilibatkan. Di luar negeri, dinas kebakaran dilatih bagiamana mengevakuasi kalau terjadi kebakaran pada kendaraan listrik di tengah jalan," ujar Puryanto General Manager PT Mobil Anak Bangsa, perwakilan dari PERIKLINDO dalam acara Sosialisasi & Workshop Konversi EV DKI Jakarta belum lama berselang.

1 dari 2 Halaman

Ia mencontohkan bahwa penanganan ini bersifat spesifik. Sebab akan ada bagian yang mesti dimatikan dan lainnya. Ia pun menyarankan setidaknya dinas pemadam di DKI bisa turut mempelajari penanganannya.

"Yang dipadamkan apanya, bagian mana yang dimatikan. Jadi di DKI saran kami dinas pema kebakaran dilibatkan untuk mempersiapkan diri, bagaimana menangani baterai litium yang baik, nanti perindustrian yang memberikan arahan," kata dia.

2 dari 2 Halaman

PERIKLINDO terdiri atas visi dari beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Mereka antara lain adalah PT. Mobil Anak Bangsa, PT SGMW Indonesia, dan PT Sokonindo Automobile.

Eksistensi mereka dilatarbelakangi dukungan terhadap Peraturan Presiden no. 55 tahun 2019, seiring kebutuhan mobilitas masa depan akan kendaraan ramah lingkungan.

Pembahasan faktor keselamatan dengan harapan dukungan dari dinas pemadam kebakaran merupakan salah satu langkah mereka dalam mendukung terciptanya suatu ekosistem untuk kendaraan listrik di Indonesia.

BERI KOMENTAR