HOME » BERITA » DISABILITAS BUKAN BATASAN, MUHAMMAD IKHWAN TARIQO DAN DEKARDEKOR JADI BUKTINYA

Disabilitas Bukan Batasan, Muhammad Ikhwan Tariqo dan DEKARDEKOR Jadi Buktinya

Gali inspirasi dari Tariqo yuk!

Kamis, 07 Januari 2021 07:49 Editor : Iwan
(c) instagram.com / dekardekorshop

OTOSIA.COM - Kreativitas dan produktivitas selalu menjadi kunci untuk mendobrak segala batas. Misalnya ketika masa pandemi seperti sekarang, para UKM yang berhasil menembus babak final Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 telah membuktikannya. Di masa serba sulit, mereka tetap bertahan dan selalu menghadirkan inovasi brilian. Salah satu yang patut mendapat apresiasi adalah DEKARDEKOR, sebuah UMKM yang diinisiasi oleh Muhammad Ikhwan Tariqo.

Baginya, disabilitas bukan menjadi batas, sebaliknya itu merupakan pelecut untuk terus menghadirkan inovasi di bidang yang ditekuni. Hal ini terbukti dari keberhasilan DEKARDEKOR menjadi salah satu pemenang di Festival Kreatif Lokal 2020 dan akan mengisi sesi sharing di acara puncak Konser Amal Kreatif Lokal. Sebelum itu, ketahui lebih lanjut yuk tentang UMKM yang satu ini.

Langkah Awal

DEKARDEKOR pertama kali didirikan pada tahun 2019 tepatnya di bulan Mei. Modal pribadi yang dikeluarkan oleh Muhammad Ikhwan Tariqo sebesar Rp 15 juta. Dari Nilai tersebut ia manfaatkan untuk melakukan pembelian bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi. Dari modal itu pula, kini UMKM ini telah mempunyai beragam asset seperti komputer dan peralatan produksi. Bicara soal target, DEKARDEKKOR membidik pasar perempuan muda yang kisaran usianya antara 17-40 tahun.

Proses dan Perjalanan

Muhammad Ikhwan Tariqo adalah founder DEKARDEKOR yang memiliki pengetahuan di bidang internet marketing. Namun karena keterbatasan visual sebagai tunanetra, dalam membangun UMKM-nya itu ia dibantu oleh istri untuk menghadirkan beragam produk yang sederhana, mudah dibuat, dan juga gampang direplikasi, yakni Poster Kayu.

Dalam sehari, DEKARDEKOR mampu memproduksi 300-500 pcs yang semua dipasarkan hanya melalui Marketplace dan WhatsApp. Range harga produknya sendiri berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 50.000. dari situ mereka berhasil memperoleh omzet hingga Rp 100 juta per bulan. Luar biasa sekali, kan?

Patut Memperoleh Apresiasi

Harus diakui memang jika DEKARDEKOR menjadi salah satu UMKM yang patut memperoleh apresiasi. Pasalnya, di tengah beragam keterbatasan mereka tetap mampu menghadirkan inovasi brilian sekaligus menjadi pemenang di Festival Kreatif Lokal 2020 dari kategori Kriya.

Kabar gembiranya, kesempatan untuk mencuri ilmu dari Ikhwan terbuka lebar dalam acara Konser Kreatif Lokal. Ini dia puncak rangkaian Festival Kreatif Lokal 2020 yang telah diselenggarakan sejak beberapa bulan lalu. Selain Muhammad Ikhwan Tariqo, bakal ada sharing session dari pemenang lain yakni Dewi Fatimah dari Dewi Home Crab dan juga Reza Yuliani dari Ezmour.

Makin inspiratif karena bakalan ada juga Workshop seru, seperti Yudha Bustara dalam tajuk "Dessert Mudah Dari Rumah", Nonita Respati "Mix & Match", dan Leka Putra Kelas Melukis Masker". Lebih istimewa lagi karena acara ini juga akan dimeriahkan oleh Siti Badriah, Denny Caknan, serta Enda & Oncy Ungu.

Jangan sampai kelewatan, Konser Amal Kreatif Lokal siap digelar pada har Sabtu, 16 Januari 2021 mulai pukul 14.00-21.00 WIB secara live streaming di Vidio.com.

(kpl/mki)

BERI KOMENTAR