HOME » BERITA » DISEBUT PUNYA KESAMAAN LOGO DENGAN BOYBAND BTS, ISUZU BUKA SUARA

Disebut Punya Kesamaan Logo dengan Boyband BTS, Isuzu Buka Suara

Ternyata logo grup k-pop diduga punya kemiripan dengan brand otomotif asal Jepang, Isuzu.

Senin, 14 Juni 2021 16:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Disebut Punya Kesamaan Logo dengan Boyband BTS, Isuzu Buka Suara
Logo Isuzu vs BTS (istimewa)

OTOSIA.COM - Belum lama ini, driver ojek online ramai-ramai mendatangi outlet-outlet McDonalds di berbagai kota di Indonesia. Pemicunya adalah penawaran menu BTS Meal hasil kolaborasi McDonalds dengan boy band asal Korea BTS, yang bikin fans mereka rebutan.

Kerumunan tersebut mendapat reaksi keras dari pemerintah daerah setempat. Salah satunya adalah Pemprov DKI Jakarta yang memberikan sanksi berupa penyegelan dan denda senilai Rp 50 juta kepada McDonalds karena melanggar protokol kesehatan di masa pandemi.

1 dari 5 Halaman

Dari kasus di atas, ada hal menarik yang luput dari perhatian banyak orang. Meski tidak sama persis, ternyata logo grup k-pop itu diduga punya kemiripan dengan brand otomotif asal Jepang, Isuzu.

Jika simbol BTS berbentuk dua trapesium berlawanan arah dengan warna pink keunguan, logo Isuzu justru berada di bagian bawah dengan konsep cenderung mengotak serta berwarna putih. 

2 dari 5 Halaman

Ketika hal ini di konfirmasi, PT Isuzu Astra Motor Indonesia tidak mempermasalahkan adanya kemiripan antar logo. Karena itu, merekia tidak mau bereaksi berlebihan.

?Kalau pihak Isuzu Jepang saya rasa tidak ya, kalau dibilang sama persis tidak juga. Mirip, iya,? ujar Puti Annisa selaku Head of Marketing Communication Department kepada Otosia, Jumat (11/6/2021).

3 dari 5 Halaman

Selain itu menurut Isuzu, keduanya bergerak pada industri yang berbeda.?Isuzu indonesia tidak masalah, karena kami juga di industri yang berbeda ya. Lagian tiba-tiba jadi viral juga karena mereka ada kerjasama dengan mcd, dan ternyata cukup heboh,? tambahnya.

Lagipula, lanjut Annisa, logo yang mempunyai kemiripan dengan BTS sudah lama tidak dipakai oleh Isuzu Jepang. Isuzu sudah menggantinya dengan symbol tulisan.

?Itu logo Isuzu lama (yang mirip dengan BTS) sudah tidak kami pergunakan lagi sejak lama. Logo kami yang sekarang adalah yang tulisan Isuzu,? tutup Annisa.

4 dari 5 Halaman

Cerita di Balik Logo Isuzu

Menurut The News Wheel, logo Isuzu yang mirip dengan logo BTS itu adalah logo yang dihadirkan pada tahun 1974. Kala itu, logo tersebut dipakai untuk menghormati kerjasama awal Isuzu dengna General Motors.

Logo itu digambarkan sebagai dua pilar putih vertikal dengan latar merah. Ada tiga penjelasan utama dari logo Isuzu itu.

Pilar dalam logo itu representasi dari suku kata pertama Isuzu dalam bahasa Jepang. Selain itu, pilar-pilar putih itu sebenarnya simbol putih yang dibagi dua dengna latar belakang merah, mewakili pertumbuhan perusahaan dan amsyarakat dengan latar belakang merah terik matahari.

5 dari 5 Halaman

Itu mencerminkan tekad perusahaan untuk memenuhi kebutuhan Zaman. Saat ini, logo tersebut sudah tak dipakai lagi bertahun-tahun yang lalu. Namun, pada 2016, logo itu disebut masih dipakai dalam komunikasi korporat dalam perusahaan.

Logo Isuzu saat ini sudah tak sama lagi dengan logo BTS. Sebab logo Isuzu yang dipakai saat ini berbasis teks, dengan S dan Z menjadi dua huruf yang dibuat seperti bercermin satu sama lain.

 

Penulis: Arendra Pranayaditya

BERI KOMENTAR