HOME » BERITA » DISINGGUNG SOAL INOVASI, INI TANGGAPAN DAIHATSU INDONESIA

Disinggung Soal Inovasi, Ini Tanggapan Daihatsu Indonesia

Rabu, 16 Januari 2019 11:45 Editor : Cornelius Candra
Daihatsu Grand New Xenia (Daihatsu.co.id)

OTOSIA.COM - Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja memperkenalkan tampilan terbaru dari Grand New Xenia kemarin (15/1/2019). Ada yang menarik dari peluncuran tersebut, yaitu varian mesin baru dari Grand New Xenia. Kini calon konsumen Daihatsu memiliki 2 opsi pilihan mesin, yaitu mesin lama yang berkapasitas 1.3 liter serta satu mesin baru yang berkapasitas 1.5 liter.

Alasan Daihatsu menghadirkan pilihan mesin 1.500 cc adlah hasil survey atas permintaan dan kebutuhan konsumen Indonesia. Menurut Amelia Chandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pihaknya selalu melihat dan mendengarkan apa yang menjadi keinginan dan permintaan dari konsumen setia Daihatsu.

"Kami selalu beracuan pada permintaan pasar, saat ini pasar terutama konsumen lama kami banyak yang ingin naik kelas, ingin upgrade ke mesin 1.5. Sebenarnya kami bisa saja menghadirkan mesin ini dari lama, namun karena baru-baru ini permintaannya banyak, jadi baru saat ini kita bisa hadirkan" ujar Amelia.

Ketika disinggung terkait rencana inovasi apalagi yang akan dihadirkan oleh Daihatsu, Amelia menjawab bahwa inovasi apa saja bisa mereka hadirkan namun tetap harus berdasarkan permintaan pasar.

"Kami sebenarnya mampu membuat inovasi atau terobosan apa saja, bahkan bukan tidak mungkin next kita akan menghadirkan Xenia Hybrid tau Xenia berpenggerak roda depan atau hal lainnya. Jika memang banyak permintaan dari masyarakat, mungkin saja kita lakukan, Jadi semuanya tergantung kebutuhan konsumen," sambung Amelia.

"Selain melihat kebutuhan dan permintaan pasar, Daihatsu juga harus melihat dari sisi harga. Jangan sampai nanti dengan banyaknya inovasi justru membuat Grand New Xenia menjadi terlalu mahal," tutupnya.

Saat ini Grand New Xenia dikembangkan di RnD (Research and Development) mereka di Karawang. Grand New Xenia ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan oleh Daihatsu dan Toyota, baik itu yang di Jepang atau di Indonesia. Selanjutnya semua itu mereka kombinasikan dengan masukan dan permintaan dari konsumen.

Untuk Grand New Xenia sendiri semuanya dirakit dan diproduksi di Sunter dan Karawang. Jika sebelumnya Xenia memiliki kandungan lokal sekitar 93%, maka untuk Grand New Xenia saat ini sudah memiliki kandungan lokal mencapai 95%.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR