HOME » BERITA » DITABRAK SAMPAI RINGSEK, TINGKAT KEAMANAN NISSAN JUKE BARU SEMPURNA

Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru Sempurna

Hasil uji tabrak All New Nissan Juke mendapatkan rating 5-bintang dari EURO NCAP.

Jum'at, 20 Desember 2019 12:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru Sempurna
All New Nissan Juke (Topspeed)

OTOSIA.COM - Nissan Juke generasi kedua sudah dirilis di Eropa. Mobil SUV anyar ini juga sudah mulai dijual, harganya mulai Rp304 jutaan atau lebih mahal Rp32 jutaan dari versi sebelumnya.

Sebagaimana mobil-mobil baru lainnya, All New Nissan Juke juga diuji tabrak untuk membuktikan sebaik apa Juke melindungi penumpangnya. Uji tabrak dilakukan oleh EURO NCAP, terdiri dari 4 bagian.

Hasilnya, All New Nissan Juke 2020 mendapatkan rating sempurna alias 5-star. Berikut hasil rinci uji tabrak All New Nissan Juke.

1 dari 5 Halaman

Perlindungan Penumpang Dewasa

Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru SempurnaPerlindungan Penumpang Dewasa

Pada uji tabrak perlindungan penumpang dewasa atau adult occupant, Nissan Juke mendapatkan poin 36 atau 94 persen. Kompartemen penumpang Juke tetap stabil dalam uji tabrak offset frontal.

Pada dummy yang dipakai menunjukkan perlindungan yang baik pada lutut dan tulang paha pengemudi dan penumpang. Perlindungan yang sama juga diberikan untuk ukuran penumpang yang berbeda dan posisi yang berbeda. Perlindungan penumpang depan baik untuk semua bagian vital tubuh.

Pada full-width rigid barrier test, menunjukkan perlindungan yang baik atau memadai untuk bagian vital tubuh baik untuk pengemudi dan memadai untuk penumpang belakang. Sementara untuk side barrier test, hasilnya baik bahkan mendapatkan poin penuh.

Sedangkan untuk tes tiang, perlindungan dada dinilai memadai sedangkan perlindungan tubuh lainnya baik. Kemudian tes di kursi depan dan pengekangan kepala menunjukkan perlindungan yang baik terhadap cedera whiplash jika terjadi tabrakan dari belakang. Begitu juga dengan uji geometris untuk kursi belakang juga menunjukkan perlindungan yang baik.

2 dari 5 Halaman

Perlindungan Penumpang Anak

Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru SempurnaPerlindungan Penumpang Anak

Sementara itu, perlindungan penumpang anak-anak atau child occupant mendapatkan poin 42,1 atau 85 persen. Pada uji tabrak frontal, didapatkan hasil baik atau memadai untuk kedua dummy.

Pada uji side barrier, semua area vital tubuh terlindungi dengan baik dan Juke mendapatkan poin maksimum. Airbag penumpang depan bisa dinonaktifkan untuk memungkinkan pengekangan anak yang menghadap ke belakang.

3 dari 5 Halaman

Vulnerable Road Users

Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru SempurnaVulnerable Road Users

Pada tes ini, All New Nissan Juke mendapatkan poin 39 atau 81 persen. Kap mesin Juke memberikan perlindungan yang baik atau memadai untuk pejalan kaki yang sedang menyeberang.

Tapi hasil yang buruk didapatkan dari pilar kaca depan yang kaku. Bumpernya memberikan perlindungan baik untuk kaki pejalankaki dan perlindungan panggul di semua lokasi tes. Juke mencetak poin maksimum pada tes ini.

Sistem AEB (Autonomous Emergency Braking) Juke bisa mendeteksi pengguna jalan yang rentan seperti pejalan kaki dan pengendara speeda, serta kendaraan lain. Dalam tes, respon sistem terhadap pengendara sepeda baik dan pejalan kaki memadai.

4 dari 5 Halaman

Safety Assist

Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru SempurnaSafety Assist

Pada tes ini, Nissan Juke baru mendapatkan 9,6 poin atau 73 persen. All New Nissan Juke dibekali sistem pengingat sabuk pengaman untuk kursi depan dan belakang. Sistem AEB bekerja dengan baik salam pengujian.

Sistem pendukung jalur membantu mencegah mobil keluar jalur secara tidak sengaja, serta mengintervensi lebih agresif dalam beberapa situasi kritis.

5 dari 5 Halaman

Ditabrak Sampai Ringsek, Tingkat Keamanan Nissan Juke Baru Sempurna

BERI KOMENTAR