HOME » BERITA » DITANYA MENGENAI AVANZA HYBRID, INI JAWABAN TOYOTA

Ditanya Mengenai Avanza Hybrid, Ini Jawaban Toyota

Sempat beredar kabar mengenai Toyota Avanza menggunakan teknologi e Smart hybrid. Begini tanggapan dari TAM.

Minggu, 31 Oktober 2021 19:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Ditanya Mengenai Avanza Hybrid, Ini Jawaban Toyota
Toyota Avanza (TAM)

OTOSIA.COM - Kabar kehadiran All New Avanza menjadi pembicaraan hangat di interet sejak sebulan terakhir. Avanza generasi terbaru digadang-gadang meluncur perdana pada GIIAS 11-21 November 2021 mendatang di ICE, BSD City, Tangerang.

All New Avanza belum juga tampil dihadapan publik, muncul pula bocoran di internet yang menyebutkan Toyota sedang menyiapkan Avanza hybrid. Informasi ini disampaikan oleh situs paultan.org baru-baru ini.

1 dari 4 Halaman

Avanza hybrid mengambil basis dari teknologi Daihatsu Rocky e Smart, yang juga akan disematkan pada Toyota Vios.

Mesin pada Rocky e Smart berkode WA-VEX ini belum terungkap lebih jauh spesfikasinya. Namun basis dari jantung pacu adalah WA-VE tiga silinder 1.200cc  yang dibenamkan pada Daihatsu Rocky 1.2, dengan tenaga sebesar 88 hp dengan torsi 113 Nm.

2 dari 4 Halaman

Tanggapan TAM

Toyota Avanza Veloz GR Limited (TAM)

Saat ditanya soal ini, pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) membantah bahwa Toyota tengah menyiapkan Avanza hybrid. Namun TAM membenarkan adanya All New Avanza yang sebentar lagi luncur.

"Banyak yang menanyakan mengenai Avanza baru atau Avanza elektrifikasi. Sorry mungkin hari ini belum saatnya kita menyampaiakan hal ini," tutur Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM, Jumat (29/10/2021).

3 dari 4 Halaman

Di sisi lain, TAM berjanji akan segera memberikan informasi paling up to date terkait mobil tersebut. Bahkan mereka memberi sinyal bahwa pada GIIAS mendatang akan ada mobil baru dari Toyota.

"Kita akan pasti memberikan informasi terkini, up to date, dan tercepat. Menjelang GIIAS tunggu saja nanti akan ada info-info baru. Coba hari Senin mungkin ada kabar-kabar baru apa gitu ya, mudah-mudahan nanti kita bisa informasikan something progress-lah," tutupnya.

4 dari 4 Halaman

Teknologi e Smart hybrid

Daihatsu Rocky e Smart (paultan.org)

Sekadar informasi, teknologi e Smart hybrid cukup mirip dengan sistem e-Power dari Nissan. Pada dasarnya peranti ini bisa digunakan melalui one pedal driving di mana mobil bisa berakselerasi dan berhenti berdasarkan tekanan pedal gas.

Selain Avanza, e Smart hybrid juga dikabarkan akan ditanamkan pada Toyota Vios. Jika benar, maka mobil itu akan menjadi rival Honda City e:HEV yang sudah dijual di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand.

BERI KOMENTAR