HOME » BERITA » DITINGGAL CARLOS GHOSN, ALIANSI RENAULT-NISSAN-MITSUBISHI LIRIK PABRIKAN CHINA

Ditinggal Carlos Ghosn, Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Lirik Pabrikan China

Kamis, 14 Maret 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi (Autoindustriya)

OTOSIA.COM - Kasus Carlos Ghosn, November lalu tentu sedikit banyak berdampak untuk kelangsungan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Tapi aliansi tampak tak ingin terlalu berlarut-larut dan memutuskan untuk semakin menguatkan aliansi.

Melansir Autoindustriya, aliansi memutuskan untuk melibatkan tiga stakeholder sebagai pembuat keputusan alias desicion maker. Keputusan itu dibuat di Nissan Global Headquarter, Yokohama, Jepang.

Jean-Dominique Senard akan memegang posisi Chairman untuk struktural aliansi. "Kami sudah sepakat untuk membesarkan aliansi. Sebenarnya, kami memutuskan untuk kembali membangun aliansi untuk menguatkan kolaborasi kami," ujar Ketua Aliansi dan Bos Renault, Senard.

Bersama Senard, ada juga CEO Nissan, Renault, dan Mitsubishi Motors Hiroto Saikawa, Thierry Bollore, dan Osamu Masuko yang bergabung dalam struktural baru ini.

"Kami ingin menumbuhkan kembali semangat aliansi," tambahnya.

Struktural baru ini mereka sebut dengan era baru bagi aliansi. Komitmen mereka tertuang dalam sebuah MOU untuk saling menguatkan brand masing-masing.

Selain dari tiga pabrikan itu, aliansi juga tertarik untuk mendekati pabrika Rusia, AvroVAZ, serta kolaborasi jangka panjang dengan pabrikan Jerman Daimler, dan pabrikan China Dongfeng Motor.

Selain itu, aliansi juga mengantisipasi dengan memosisikan Chairman Renault sebagai Vice Chairman dan Representative Drector untuk Nissan. Sementara kandidar Chairman, akan direkomendasikan oleh Nissan Special Committee on Improving Governance (SCIG).

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR