HOME » BERITA » DITLANTAS BALI TEGUR PEMOTOR YANG PAKAI HEADSET, BERPOTENSI PENINDAKAN?

Ditlantas Bali Tegur Pemotor yang Pakai Headset, Berpotensi Penindakan?

Kamis, 14 Desember 2017 11:30 Editor : Fajar Ardiansyah
Teguran polisi (foto: Denpasar Now)

OTOSIA.COM - Perjalanan menggunakan kendaraan seperti motor memang tak sama dengan mengendarai mobil. Karena di atas sepeda motor Otolovers bisa saja akan merasakan lelah dan bosan yang bersamaan datangnya, dimana sejumlah orang baru bisa mengatasi rasa bosan tersebut dengan cara mendengarkan musik.

Sayangnya jika mobil memiliki head unit pada dashboard untuk mengendalikan entertainment systemnya, motor tak memiliki hal itu. Tak heran jika banyak pengendara lebih memilih mengenakan headset untuk memainkan musik dan mengatasi rasa bosan.

Tapi bagi para penggemar musik yang suka memakai headset, bisa jadi berita berikut akan memberikan peringatan seperti yang dilakukan oleh Ditlantas Denpasar Selasa 11 Desember 2017 lalu.

Sekalipun aksesoris seperti headset belum masuk dalam perundang-undangan untuk dijadikan larangan, keberadaan headset acapkali memberikan bukti bahwa pendengaran yang terganggu justru bisa jadi masalah bagi banyak pengendara.

Bahkan lebih jauh lagi bisa mengakibatkan kecelakaan fatal akibat menurunnya konsentrasi pemotor dan hilangnya kemampuan mendengar akibat headset. Akun Facebook Denpasar Now menunjukkannya dengan memposting aktivitas para petugas polisi di Denpasar.

Mereka melakukan semacam pemeriksaan, selain atas surat-surat kendaraan dan ijin mengemudi juga aksesoris. Termasuk headset tersebut, dimana sejumlah pengendara beruntung hanya masih diperingatkan karena mengenakan headset yang memainkan musik di dalam helm mereka. Bisa jadi, jika jumlah kecelakaan meningkat maka penggunaan headset akan semakin dilarang.

 (kpl/fjr)

BERI KOMENTAR