HOME » BERITA » DITUDUH CURI TEKNOLOGI, BMW KINI DIGUGAT

Dituduh Curi Teknologi, BMW Kini Digugat

Perusahaan teknologi hybrid, Paice LLC menggugat BMW lantaran diduga mencuri teknologi mereka.

Senin, 25 November 2019 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Dituduh Curi Teknologi, BMW Kini Digugat
BMW 330e iPerformance (Topspeed)

OTOSIA.COM - Butuh waktu yang lama, menghabiskan biaya banyak, dan tenaga yang ekstra untuk menghasilkan sebuah teknologi. Itu mengapa, masing-masing dari mereka berusaha untuk mematenkan teknologi agar tak dijiplak yang lain.

Tapi baru-baru ini, pabrikan besar di Jerman, BMW tengah menghadapi tuduhan tersebut. BMW dituduh mencuri teknologi mobil dan kini tengah digugat oleh pabrikan teknologi hybrid, Paice LLC.

Melansir Automotive News, Paice LLC mengatakan bahwa BMW mencuri teknologi high-voltage electric. Teknologi tersebut didesain untuk meningkatkan performa mesin hybrid, paduan mesin bensin-motor listrik.

1 dari 2 Halaman

Dituduh Curi Teknologi, BMW Kini Digugat

Kasus tersebut diketahui pada 2005 ketika BMW memulai melakukan aliansi bersama General Motors dan Daimler Chrysler. Paice LLC mengatakan, teknologi dibagi bersama dengan anggota aliansi.

Pada 2007, BMW X6 debut tapi tak lama kemudian menghilang dari pasaran. Selanjutnya, BMW merilis versi hybrid dan plug-in hybrid yang kemudian sukses. Paice LLC menghubungkan kesuksesan itu dengan teknologi mereka.

Paice LLC bercaya bahwa high voltage technology juga dipakai pada BMW 330e, BMW 530e, BMW 750e iPerformance, juga BMW i8 dan Mini Countryman plug-in hybrid.

2 dari 2 Halaman

Tak Hanya BMW

Dituduh Curi Teknologi, BMW Kini DigugatTak Hanya BMW

Bagaimana BMW tahu soal teknologi tersebut? BMW diundang bersama dengan para perusahaan mobil lainnya dalam proses penawaran teknologi tersebut. Pihak Paice LLC lantar mendemonstrasikan dan memberikan informasi teknis tentang teknologi tersebut.

Alih-alih membeli teknologi ataupun lisensinya, BMW diduga mencoba menjiplak teknologi tersbut. Tak hanya BMW tyang terlibat dalam kasus ini.

Paice LLC juga menggugat Ford, Toyota, dan Hyundai. Menurut Automotive News, tiga pabrikan mboil itu sepakat untuk membayar lisensi kepada Paice LLC.

BERI KOMENTAR