HOME » BERITA » DOA KESELAMATAN DALAM PERJALANAN DEKAT ATAU JAUH

Doa Keselamatan Dalam Perjalanan Dekat atau Jauh

Biasakan diri sendiri untuk melakukan doa keselamatan dalam perjalanan dan doa ketika naik kendaraan. Ini tentu sangat bagus jika bisa dilakukan setiap hari atau istiqomah. Karena secara tidak sadar dalam mengucapkan doa keselamatan dalam perjalanan Otolovers sudah mengingat Allah dan percaya dengan ketetapannya.

Sabtu, 23 Maret 2019 14:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi kemacetan dalam perjalanan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Kejadian yang tak diinginkan seperti kecelakaan yang menyebabkan cedera sampai meninggal bisa terjadi kapan dan dimana saja. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, bisa dari faktor kendaraan, manusia, dan alam.

Untuk itu dalam setiap berkendara kemanapun pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan kondisi tubuh sedang sehat. Pengecekan kendaraan seperti ini bukan hanya untuk para pemilik mobil pribadi saja, tetapi juga armada angkutan umum.

Untuk faktor terakhir tadi yang terkait alam tentu tidak bisa diprediksi dan dipersiapkan. Seorang hamba hanya bisa berpasrah diri kepada Allah apabila ada bencana alam yang menimpa kita saat ada di perjalanan. Namun sebagai seorang muslim kita patut untuk berusaha dengan cara berdoa.

Biasakan diri sendiri untuk melakukan doa keselamatan dalam perjalanan dan doa ketika naik kendaraan. Ini tentu sangat bagus jika bisa dilakukan setiap hari atau istiqomah. Karena secara tidak sadar dalam mengucapkan doa keselamatan dalam perjalanan Otolovers sudah mengingat Allah dan percaya dengan ketetapannya.

Selain itu, doa keselamatan dalam perjalanan juga bertujuan sebagai rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan. Nikmat di dunia ini hanya karena Allah sajalah yang bisa memberikan. Doa keselamatan dalam perjalanan mempunyai pengaruh baik terhadap setiap hamba yang selalu mengamalkannya.

Lalu sebenarnya bagaimana doa keselamatan dalam perjalanan tersebut? Untuk mengetahui doa keselamatan dalam perjalanan tersebut simak ulasan berikut ini.

Doa Naik Kendaraan

Banyak kendaraan yang bisa kita digunakan di zaman modern seperti ini. Bukan hanya mobil pribadi atau motor, tetapi juga angkutan umum. Bahkan saat ini sudah ada ojek online yang bisa memberikan jasa kepada Otolovers.

Namun saat ini mobil pribadi cukup banyak dimiliki keluarga Indonesia, bahkan setiap keluarga memiliki mobil yang cukup banyak. Apakah Otolovers sudah mensyukuri mobil-mobil tersebut?

Setiap nikmat yang telah diberikan oleh Allah pastikan untuk selalu disyukuri. Cara mudahnya adalah hanya dengan berdoa keselamatan dalam perjalanan untuk mobil baru tersebut. Dianjurkan juga bisa menyisihkan rezekinya untuk dibagikan ke yang berhak.

Mempunyai kendaraan baru, ada doanya lho Otolovers! Secara tidak langsung ini juga menjadi doa keselamatan dalam perjalanan.

Berdoa ketika memiliki kendaraan baru ini juga dianjurkan oleh Imam An-Nawawi melalui riwayat dalam Kitab Al-Azkar.

Šستحب Š ا"أˆ" أ† Šأخذ ب†اصŠت‡ ˆŠ'ˆ": اŽ""'Ž‡…'Ž إ†'Š أŽس'أŽ"ƒŽ خŽŠ'رŽ‡ ˆŽخŽŠ'رŽ …Žا جب"Ž عŽ"ŽŠ'‡Œ ˆŽأŽعˆ'ذ بƒŽ …†' شŽر'‡ ˆŽشŽر' …Žا جب"Ž عŽ"ŽŠ'‡. ˆ'د سب' Š ƒتاب أذƒار ا"†ƒاح ا"حدŠث ا"ˆارد Š †حˆ ذ"ƒ Š س†† أبŠ داˆد ˆغŠر‡

Artinya: "Seseorang dianjurkan untuk pertama kali memegang jambul (bagian depan kepala unta) dan berdoa, 'Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.' Hadits serupa ini sudah disebut telah lalu pada bab nikah di Sunan Abu Dawud dan selainnya," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275).

Anjurannya adalah ketika memiliki kendaraan baru, lalu membaca doa sambil memegang bagian depan kendaraan tersebut. Seperti ini doa ketika memiliki kendaraan baru

اŽ""'Ž‡…'Ž إ†'Š أŽس'أŽ"ƒŽ خŽŠ'رŽ‡ ˆŽخŽŠ'رŽ …Žا جب"Ž عŽ"ŽŠ'‡Œ ˆŽأŽعˆ'ذ بƒŽ …†' شŽر'‡ ˆŽشŽر' …Žا جب"Ž عŽ"ŽŠ'‡

Artinya: "Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.

Terkait doa keselamatan dalam perjalanan tidak hanya doa memiliki kendaraan baru saja, doa tersebut adalah awalan. Selanjutnya masih ada doa naik kendaraan yang bisa Otolovers hafalkan dan diucapkan ketika naik kendaraan, baik mobil pribadi atau kendaraan umum.

Doa naik kendaraan atau doa keselamatan dalam perjalanan cukup pendek dan mudah dihafal Otolovers. Berikut ini doa naik kendaraan tersebut

سب'حŽا†Ž ا"'Žذ‰' سŽخ'ŽرŽ"Ž†Žا ‡ŽذŽا ˆŽ…Žاƒ†'Žا"Ž‡ …''ر†Š'†Ž ˆŽا†'Žآ ا"Ž‰ رŽب'†Žا "Ž…†''Ž"بˆ'†Ž

Artinya : "Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali."

Saat ada di perjalanan, sebenarnya apa yang akan dilakukan Otolovers? Ngobrol dengan orang terdekat atau dengerin musik, bisa juga aktivitas lainnya. Akan lebih baik aktivitas-aktivitas tadi sedikit dikurangi. Karena ada aktivitas yang lebih baik dan bisa membuat keimanan Otolovers semakin meningkat.

Hal ini masih terkait doa keselamatan dalam perjalanan tadi. Karena ada doa yang bisa dibaca sepanjang perjalanan. Tentunya doa ini sudah dihafal Otolovers dan sangat mudah dilakukan. Namun tentunya doa keselamatan dalam perjalanan yang bisa dibaca terus ini harus dilakukan terus menerus supaya terbiasa.

Doa keselamatan dalam perjalanan ini atau doa sepanjang perjalanan berkaitan dengan peristiwa pada zaman Rasulullah SAW.

Riwayat Ibnu Sinni dan Al-Baihaqi menceritakan bagaimana Rasulullah SAW ketika berperang di Tabuk diminta pulang kampung ke Madinah demi menshalatkan jenazah salah seorang sahabatnya, Muawiyah.

Riwayat ini dikutip oleh Imam Nawawi dalam Al-Adzkar pada bab zikir ketika di jalan sebagai berikut ini:

ˆرˆŠ†ا Š ƒتاب اب† ا"س†Š ˆ "د"ائ" ا"†بˆة" ""بŠ‡'Š ع† أبŠ أ…ا…ة ا"با‡"Š رضŠ ا""‡ ع†‡ 'ا": "أت‰ رسˆ" ا""‡ (ص"‰ ا""‡ ع"Š‡ ˆس"…) جبرŠ" (ص"‰ ا""‡ ع"Š‡ ˆس"…) ˆ‡ˆ بتبˆƒ 'ا": Šا …ح…د اش‡د ج†ازة …عاˆŠة ب† …عاˆŠة ا"…ز†ŠŒ خرج رسˆ" ا""‡ (ص"‰ ا""‡ ع"Š‡ ˆس"…)Œ ˆ†ز" جبرŠ" (ع"Š‡ ا"س"ا…) Š سبعŠ† أ"ا …† ا"…"ائƒةŒ ˆضع ج†اح‡ ا"أŠ…† ع"‰ ا"جبا" تˆاضعتŒ ˆˆضع ج†اح‡ ا"أŠسر ع"‰ ا"أرضŠ† تˆاضعتŒ حت‰ †ظر إ"‰ …ƒة ˆا"…دŠ†ةŒ ص"‰ ع"Š‡ رسˆ" ا""‡ (ص"‰ ا""‡ ع"Š‡ ˆس"…) ˆجبرŠ" ˆا"…"ائƒة (ع"Š‡… ا"س"ا…)Œ "…ا رغ 'ا": Šا جبرŠ" ب… ب"غ …عاˆŠة ‡ذ‡ ا"…†ز"ةŸ 'ا": ب'راءت‡: '" ‡ˆ ا""‡ أحدŒ 'ائ…ا ˆراƒبا ˆ…اشŠا

Artinya: "Diriwayatkan kepada kami dalam Kitab Ibnu Sinni dan kitab Dala'ilun Nubuwwah karya Al-Baihaqi dari Abu Umamah Al-Bahili, ia bercerita bahwa Jibril AS mendatangi Rasulullah SAW ketika beliau di Tabuk. 'Wahai Muhammad, saksikanlah shalat jenazah Muawiyah bin Muawiyah Al-Muzani (di Madinah),' kata Jibril. Rasulullah SAW keluar (dari Tabuk). Sementara Jibril AS turun bersama 70.000 malaikat. Jibril AS menurunkan sayap kanan di atas bukit hingga merendah. Ia juga meletakkan sayap kirinya di atas tanah sampai merendah hingga ia dapat melihat Kota Mekkah dan Madinah. Rasulullah SAW bersama Jibril AS dan ribuan malaikat kemudian menshalatkan jenazah Muawiyah. Setelah selesai, Rasulullah SAW bertanya, 'Wahai Jibril, dengan amalan apa Muawiyah mendapatkan derajat begitu tinggi ini?' 'Muawiyah lazim membaca Surat Al-Ikhlas saat berdiri, berkendaraan, dan berjalan kaki,' jawab Jibril," (Lihat Al-Imam An-Nawawi, Al-Adzkar pada Hamisy Al-Futuhatur Rabbaniyyah, [Beirut: Daru Ihyait Al-Arabi, tanpa catatan tahun], juz VI, halaman 176).

Sudah tahukan dahsyatnya surat Al-Ikhlas ketika diamalkan secara istiqomah, seperti sahabat Rasulullah tadi. Nah, bagaimana Otolovers? Yuk Otolovers, amalkan kebaikan ini untuk diri sendiri dan bagikan ke keluarga dan sahabat.

Terkadang dalam perjalanan ada saja kejadian yang membuat kita panik. Semisal adalah ketika naik mobil atau motor dan kendaraan tersebut selip. Ketika tidak bisa mengendalikan kendaraan tersebut, kecelakaan akan terjadi. Penyebab hal ini cukup banyak, selain faktor manusia juga karena faktor jalanan, yaitu licin.

Ketika selip yang terpenting adalah tenang dan mengucapkan lafadz-lafadz Allah. Jangan sampai berkata kotor seperti umpatan-umpatan ya Otolovers. Hal ini tentu bisa juga menjadi doa keselamatan dalam perjalanan ketika selip.

رˆŠ†ا Š س†† أبŠ داˆد ع† أبŠ ا"…"Šح ا"تابعŠ ا"…ش‡ˆر ع† رج" 'ا": ƒ†ت ردŠ ا"†بŠ ص"‰ ا""‡ ع"Š‡ ˆس"… عثرت دابت‡ '"ت: تعس ا"شŠطا† Œ'ا": "ا ت'" تعس ا"شŠطا†Œ إ†ƒ إذا '"ت ذ"ƒ تعاظ… حت‰ Šƒˆ† …ث" ا"بŠت ˆŠ'ˆ": ب'ˆتŠŒ ˆ"ƒ† '" : بس'… ا""‡Œ إ†ƒ إذا '"ت ذ"ƒ تصاغر حت‰ Šƒˆ† …ث" ا"ذباب

Artinya: "Diriwayatkan kepada kami di kitab Sunan Abu Dawud dari Abul Malih, seorang tabiin terkenal, dari salah seorang sahabat, ia berkata bahwa ia pernah menumpang ikut dalam kendaraan Rasulullah SAW. Di tengah jalan kendaraan itu mengalami selip. Saya spontan mengucap, 'Celaka setan.' Rasulullah SAW mengingatkan, 'Jangan berkata, 'Celaka setan.' Kalau kaukatakan, ia akan membesar hingga sebesar rumah dan ia akan berkata, 'Demi kekuatanku.' Tetapi ucaplah, 'Bismillah'. Kalau kaukatakan itu, maka setan akan mengecil sampai seukuran seekor lalat,'" (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar , Kairo, Darul Hadits, 2003 M/1424 H, halaman 290).

Jadi jangan mengucapkan umpatan-umpatan ketika selip ya Otolovers. Cukup ucapkan €˜Bismillah€™ yang bisa menjadi doa keselamatan dalam perjalanan.

Doa Keselamatan Dalam Perjalanan

Dalam setiap perjalanan tidak selalu lancar, ada saja nantinya kendala, entah kendala yang ringan atau berat. Untuk itu Otolovers harus melakukan doa keselamatan dalam perjalanan agar kita dapat perlindungan dari Allah.

Namun sebelumnya jangan sampai berpergian untuk maksiat ya Otolovers. Niatkan setiap perbuatan untuk hal kebaikan dan atas ridho Allah. Tanamkan pada diri Otolovers bahwa perbuatan baik pada dasarnya akan kembali ke diri kita masing-masing.

Dan berikut ini salah satu doa keselamatan dalam perjalanan yang bisa Otolovers amalkan setiap berpergian.

بس'… ا""Ž'‡ ا"Ž'ذ‰ "اŽ ŠŽضر' …ŽعŽ اس'…‡ شŽ‰'ءŒ ‰ ا"أŽر'ض ˆŽ"اŽ ‰ ا"سŽ'…Žاء ˆŽ‡ˆŽ ا"سŽ'…Šع ا"'عŽ"Š…

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (HR. Abu Daud & Tirmidzi).

Doa keselamatan dalam perjalanan sangat dianjurkan untuk diucapkan ketika mau berpergian. Ini bertujuan untuk meminta perlindungan kepada Allah agar dihindarkan dari bahaya. Doa keselamatan dalam perjalanan juga bertujuan untuk selalu mengingat Allah dan sebagai rasa syukur atas nikmat-Nya.

Video Kecelakaan

Kita masih selalu meminta perlindungan Sang Pencipta, termasuk saat berpergian. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kepada kita, seperti di video berikut ini.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR