HOME » BERITA » OTOLOVERS, YUK KETAHUI TATA CARA DAN DOA SHOLAT DHUHA AGAR REZEKI LANCAR

Otolovers, Yuk Ketahui Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha Agar Rezeki Lancar

Bagi Otolovers yang beragama Islam dan belum mengetahui tata cara dan doa dari sholat dhuha, serta ingin mengamalkan ibadah sunnah ini, berikut tata cara dan doa sholat dhuha

Jum'at, 24 April 2020 13:30 Editor : Ahmad Muzaki
Otolovers, Yuk Ketahui Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha Agar Rezeki Lancar
ilustrasi sholat dhuha. ©2020 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Di pagi hari sebelum bepergian dengan motor atau mobil Otolovers dianjurkan untuk lakukan ibadah sunnah, yakni salat dhuha. Ibadah sunnah ini dilakukan agar pintu rezeki dimudahkan oleh Allah SWT.

Bagi Otolovers yang beragama Islam dan belum mengetahui tata cara dan doa dari salat dhuha, serta ingin mengamalkan ibadah sunnah ini, dilansir dari Merdeka.com, berikut tata cara dan doa sholat dhuha:

1 dari 6 Halaman

Tata Cara dan Doa Salat Dhuha Lengkap

Niat

Layaknya salat pada umumnya, selalu diawali dengan niat yang tulus dari hati menghadap Tuhan. Menganggap sebagai salat terakhir, supaya bisa lebih khusyu. Membaca niat salat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafii dan Hambali. Bacaan niat secara umum:

USHOLLI SUNNATADH DHUHAA ROKATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAAAN LILLAAHI TAAALAA.

Artinya: Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Taala.

2 dari 6 Halaman

Tata Cara Salat Dhuha

1. Membaca niat sholat dhuha.
2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)
3. Membaca doa iftitah
4. Membaca surah al-Fatihah.
5. Membaca surah pendek, diutaman QS ad-Dhuha.
6. Ruku dengan tumaninah.
7. Itidal dengan tumaninah.
8. Sujud dengan tumaninah.
9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
10. Sujud kedua dengan tumaninah.
11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.
12. Membaca surah al-Fatihah.
13. Membaca surah pendek, diutamakan QS as-Syams.
14. Ruku dengan tumaninah.
15. Itidal dengan tumaninah.
16. Sujud dengan tumaninah.
17. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
18. Sujud kedua dengan tumaninah.
19. Tasyahud akhir dengan tumaninah.
20. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri.
21. Membaca doa sholat dhuha.

Itulah tata cara sholat dhuha dua rakaat, dianjurkan langsung mengucap istighfar tiga kali dan dzikir, dilanjutkan membaca doa sholat dhuha.

3 dari 6 Halaman

Tata Cara Salat Dhuha 4 - 12 Rakaat

Lalu, bagaimana cara salat dhuha yang rakaatnya lebih dari dua? Tata cara mengerjakan salat dhuha 4 rakaat dan kelipatan dua seterusnya, sebenarnya sama dengan 2 rakaat. Seusai 2 rakaat hingga tasyahud akhir dan salam, lanjutkan salat 2 rakaat lagi. Begitu seterusnya hingga rakaat salat dhuha Otolovers selesai.

Sebagian ulama berpendapat tidak ada batasannya. Hadits dari Aisyah radhiallahuanha, dahulu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat dhuha empat rakaat dan beliau biasa menambahkan sesuka beliau, HR. Muslim no. 719.

4 dari 6 Halaman

Doa Salat Dhuha

Sebenarnya bukan doa khusus yang diajarkan langsung dari Nabi Muhammad SAW, namun banyak dipanjatkan oleh umat Islam sebagai doa sesudah salat dhuha.

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana musiron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana baidan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ibaadakash shoolihiin.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu,

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.

5 dari 6 Halaman

Waktu Salat Dhuha

Awal Waktu Salat Dhuha

Salat dhuha di awal waktu, dimulai sekitar 20 menit setelah matahari terbit. Dari Anas bin Malik radhiallahuanhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Seseorang yang salat subuh secara berjamaah, lalu ia duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit. Kemudian ia salat dua rakaat, maka pahala yang ia dapatkan seperti haji dan umrah. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: sempurna, sempurna, sempurna, HR. Tirmidzi no. 586, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 3403.

6 dari 6 Halaman

Akhir Waktu Salat Dhuha

Akhir waktu untuk mengerjakan salat dhuha ialah 15 menit sebelum memasuki waktu salat dzuhur. Waktu terbaik untuk mengerjakan salat dhuha sebenarnya pada seperempat siang.

Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan salat dhuha (di awal pagi). Dia berkata,

Tidakkah mereka mengetahui bahwa salat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, salat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan, HR. Muslim.

Itulah tadi tata cara dan doa dari ibadah sunnah salat dhuha agar Otolovers dalam mencari rezeki dimudahkan oleh Sang Pencipta. Semoga amalan ini bisa jadi rutinitas Otolovers di pagi hari.

BERI KOMENTAR