HOME » BERITA » DOLAR SEMPAT RP 15 RIBU, BEGINI NASIB JUALAN MOGE HARLEY

Dolar Sempat Rp 15 Ribu, Begini Nasib Jualan Moge Harley

Senin, 21 Januari 2019 13:45 Editor : Cornelius Candra
Dealer Harley-Davidson Anak Elang (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Dolar Amerika di awal tahun 2019 ini terbilang sudah lebih bersahabat sekalipun masih di level Rp 14.000-an. Status itu bisa disebut demikian karena kurs terhadap rupiah sempat mencapai Rp 15.000 beberapa bulan lalu.

Pada momen itu, efeknya tentu mengarah ke perdagangan barang impor termasuk untuk penjualan sepeda motor kelas besar misalnya Harley-Davidson yang sebagian besar digawangi oleh dealer Anak Elang.

Lantas bagaimana nasib penjualannya di masa itu? Di luar dugaan, Anak Elang dengan pede menyebut mereka sebagai pemimpin pasar.

"Tahun lalu Anak Elang jadi leader di Indonesia. Kami bisa menjual 80 unit tahun 2018," kata Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson.

Dari jumlah tersebut, Sahat mengaku kalau pilihan biker cukup merata sekalipun faktanya harga moge-moge ini terbilang jadi yang termahal di Indonesia pada waktu itu, dengan kisaran untuk tipe Spordster Rp 600 jutaan dan sebagian lainnya mendekat ke Rp 1 miliar.

"Komposisinya merata. Touring itu kira-kira 30 persen, Softail itu 35 persen, dan Sportster itu 30 persen," kata dia.

Salah satu keunggulan dari pemasaran Harley Davidson ini sendiri adalah tidak naik harga. Sebab, menurut Sahat, Harley Davidson memang kasih harga untuk satu tahun dan tidak akan berubah. Di luar itu, Anak Elang punya program-program yang membangun loyalitas.

"Garansi 2 tahun untuk mesin. Lalu kalau ada kerusakan-kerusakan kelistrikan, itu di kami itu penggantiannya free," tambahnya.

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR