HOME » BERITA » DOYAN ADVENTURE DAN SUPERMOTO? INI BEDA HELM CROSSOVER DAN OFFROAD FULL FACE

Doyan Adventure dan Supermoto? Ini Beda Helm Crossover dan Offroad Full Face

Meski beragam model helm adventure tersedia di pasaran, sebenarnya ada beberapa perbedaan. Misalnya helm on/off crossover dan on/off road full face sesungguhnya punya perbedaan.

Jum'at, 29 Maret 2019 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Helm on/off crossover (Istimewa)

OTOSIA.COM - Penggemar motor adventure maupun trail terus tumbuh di Indonesia. Tidak heran jika beberapa agen pemegang merek (APM) mulai memasukkan motor di kategori ini.

Sejalan dengan perkembangan tersebut bermunculan pula beragam jenis helm untuk memenuhi kebutuhan bikers adventure. Mulai merek lokal hingga impor, dari harga ratusan ribu hinga jutaan rupiah.

Meski beragam model helm adventure tersedia di pasaran, sebenarnya ada beberapa perbedaan. Misalnya helm on/off crossover dan on/off road full face sesungguhnya punya perbedaan.

Bedanya, pada helm on/off crossover chinguard bisa dicopot sehingga bisa dijadikan beragam model, seperti half face, full face, cross dan sebagainya dalam 6 bentuk. Sedangkan helm on/off road full face, yang bisa dicopot hanya bagian peak dan visor saja, lalu menjadi full face dan cross helmet.

€œMakanya helm on/off crossover didesain untuk mereka yang menyukai helm berbagai fungsi. Contohnya biker yang mau touring malas pakai helm fullface, maunya pakai half face saja. Jadi tidak mungkin touring bawa 2 helm kan? Jadi yang cocok adalah tipe crossover. Tinggal copot chinguard-nya jadi half face. Atau mau adventure tinggal pasang peak dan google ready for use, Bro,€ jelas Avant Tjen, General Manager PT Prakarsa Abadi Sentosa (Deride), gerai yang memasarkan helm impor Nolan dan apparel Alpinestars.

Terkait dengan kebutuhan tersebut, Nolan barusaja merilis N702 X dan GT. Nolan N702 X ON/OFF Crossover adalah helm supermoto yang bagian chinguard-nya dapat dilepas. Semua model baik dengan chinguard atau yang tidak sudah melalui homologasi pertaturan yang berlaku.

Nolan N702 X dan GT memakai Visor yang lebar untuk pandangan yang lebih luas, sehingga berdampak pada kenyamanan dan keselamatan.

Banyak orang yang enggan memakai helm supermoto atau crossover karena alasan berat. Tapi tenang saja, untuk N702 X dan GT memiliki 2 shell luar Size XXS-M dan L-XXL. Terdapat pula teknologi VPS (Visor Protection Sysrtem) atau Double Visor dan Ready For Pinlock.

€œKadang orang mengeluhkan lapisan kain yang kasar. Tapi pada Nolan ini sudah memakai inner padding Clima Comfort dan Neckroll yang bisa diadjustable serta washable dengan desain yang dikombinasikan dengan AirBooster Technology yang membuat bikers merasa nyaman memakainya,€ terang Avan Tjen.

Fitur lainnya pada N702 X dan GT adalah penguncian dengan sistem Microlock yang kompatibel dengan intercom, tinggal plug and play. Ini sangat berguna ketika melakukan riding atau touring bareng.

Nolan N702 X dan GT tersedia dalam 25 pilihan warna yang terbagi dari 5 Segment Grandes Alpes, Bella Vista, HI-Visibilty, Classicm dan Special.

Helm ini dibanderol mulai Rp3,8 juta sampai Rp3,4 juta, tergantung pada warna.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR