HOME » BERITA » DRAMA MITRA APPLE, GILIRAN NISSAN YANG TERKESAN PLIN-PLAN

Drama Mitra Apple, Giliran Nissan yang Terkesan Plin-Plan

Setelah Hyundai dan KIA, kini giliran Nissan yang dikabarkan batal bermitra dengan Apple. Nissan dikabarkan enggan jika harus menyesuaikan diri dengan Apple.

Senin, 15 Februari 2021 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Drama Mitra Apple, Giliran Nissan yang Terkesan Plin-Plan
Apple Car versi render (Carbuzz)

OTOSIA.COM - Obrolan tentang kerja sama antara Apple dan Hyundai sudah kadaluwarsa. Baru-baru ini giliran Nissan yang menjadi pusat perhatian karena dinilai menjadi kandidat kuat mitra Apple untuk Project Titan.

Awal bulan Februari, Bos Nissan menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama memproduksi mobil listrik Apple Car. Dilansir dari Autoevolution, kini rupanya Nissan memiliki cerita tak jauh berbeda dengan Hyundai.

Menurut laporan Financial Times, pembicaraan antara Apple dan Nissan disebut berakhir tiba-tiba karena permasalahan branding. Nissan disebut ingin melakuan kerja sama sesuai dengan persyaratan yang mereka ajukan.

1 dari 2 Halaman

Syarat itu disebut untuk mencegah merek Nissan terkesan menjadi pemasok perangkat keras untuk raksasa teknologi asal Amerika itu. Chief Operating Officer Nissan, Ashwani Gupta mengatakan kepada Financial Times bahwa pihaknya saat ini tidak sedang melakukan pembicaraan dengan Apple tentang produksi Apple Car.

"Kami memiliki pelanggan kami sendiri. Tidak mungkin kami mengubah cara kami membua tmobil. Cara kami mendesain, cara kami mengembangkan, dan cara kami memproduksi adalah seperti pabrikan otomotif, seperti Nissan," katanya.

2 dari 2 Halaman

Dia melanjutkan bahwa pihaknya tetap harus menerapkan apa yang sudah mereka lakukan selama ini. Dengan kemitraan itu, bukan berarti Nissan yang harus menyesuaikan diri.

"Kami harus memeriksa siapa yang memiliki ompetensi terbaik untuk mengetahui apa yang dipikirkan pelanggan. Untuk hal ini, kami bisa melakukan kemitraan, tetapi layanan mereka yang harus menyesuaikan dengan produk kami, bukan sebaliknya," lanjutnya.

Selain Nissan, sebenarnya Apple juga dikabarkan sedang membidik BMW dan Magna. Hanya saja kini para analis menyeret nama Renault dalam pusaran drama mitra Apple ini.

BERI KOMENTAR