HOME » BERITA » DUA PEKAN DIGRATISKAN, INI PERKIRAAN TARIF TOL DEPOK-ANTASARI SEKSI 2

Dua Pekan Digratiskan, Ini Perkiraan Tarif Tol Depok-Antasari Seksi 2

Selama dua pekan ke depan, tarif tol Depok-Antasari masih digratiskan. Perkiraan, tarif tol Depok-Antasari sekitar Rp10 ribu untuk perjalanan terjauh.

Jum'at, 03 Juli 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Dua Pekan Digratiskan, Ini Perkiraan Tarif Tol Depok-Antasari Seksi 2
GT Sawangan 4 (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 ruas Brigig-Sawangan resmi dioperasikan muali hari ini, Jumat (3/7/2020). Selama dua pekan sejak dioperasikan, tarif tol masih digratiskan.

Setelah dua pekan tersebut, barulah tarif tol itu akan diberlakukan. Menurut Direktur Utama PT Citra Waspputowa, Jusuf Hamka memproyeksikan tarif tol sepanjang 6,3 kilometer itu dikenakan sekitar Rp 10 ribu untuk perjalanan terjauh. Yakni dari Gerbang Tol (GT) Brigif) ke GT Sawangan 4, maupun sebaliknya.

"Mungkin sekitar Rp 10.000 dari Brigif ke sini. Jadi nanti kalau memang sudah nyambung semua nanti sistem terbuka kali kayak Jagorawi," kata Jusuf di GT Sawangan 4, Depok, disitat dari Liputan6.com.

1 dari 2 Halaman

Sebagai perbandingan, Tol Depok-Antasari Seksi I Antasari-Brigif yang sudah beroperasi lebih dulu, dengan panjang 5,8 km memberlakukan tarif untuk kendaraan golongan I Rp 7.500. Sementara golongan II dan III tarifnya sama yakni Rp 11.500.

Lalu pengenaan biaya untuk kendaraan golongan IV dan V tarifnya sama, yakni Rp 15 ribu. Pemberlakuan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 895/KPTD/M/2018.

2 dari 2 Halaman

Lebih lanjut, Jusuf Hamka berharap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dapat segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tarif untuk ruas Tol Desari Seksi 2. Dengan begitu, PT Citra Waspphutowa selaku pengelola tol bisa cepat balik modal.

"Sebenarnya saya maunya secepat mungkin karena kita kan ada kewajiban kepada perbankan yang harus kita penuhin. Jadi kalau lama ya kita tekor, ya sudahlah kita serahkan kepada pemerintah. Pemerintah lebih bisa mengatur yang terbaik," tuturnya.

BERI KOMENTAR