HOME » BERITA » DUA RIDER AHRT REBUT JUARA DI RACE 1 KELAS BERGENGSI ARRC SENTUL

Dua Rider AHRT Rebut Juara di Race 1 Kelas Bergengsi ARRC Sentul

Sabtu, 13 Oktober 2018 20:18 Editor : Nurrohman Sidiq
Astra Honda Racing Team (AHM)

OTOSIA.COM - Tekad Astra Honda Racing Team (AHRT) untuk meraij titel juara Asia rupanya kian berjalan mulus setelah pada race 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) seri kelima di sirkuit internasional Sentul, Bogor, Sabtu (13/10), beberapa pembalap AHRT tampil gemilang.

Titel Juara Asia kian dekat yang menyisakan seri Buriram Thailand, di mana pada salah satu kelas bergengsi AP250, rider AHRT Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya mampu menjadi juara pertama dan kedua di race pertama.

Hasil ini makin mengukuhkan posisi Rheza Danica Ahrens di peringkat pertama klasmen sementara kelas AP250. Hingga seri ARRC Sentul torehan poin Rheza Danica Ahrens menjauhi lawan-lawannya dengan 173 poin.

Keberhasilan Rheza Danica Ahrens meraih podium pertama Seri Kelima AARC 2018 tidaklah mudah. Mengawali balap diposisi kedua, start reza tidak berjalan mulus dan bergeser hingga ke posisi empat. Skill Reza pun terlihat di sini, belum genap 1 putaran Reza berhasil merangsek naik ke posisi dua.

Setelah Mario Suryo Aji keluar lintasan, sepanjang balapan praktis menjadi arena pertarungan rider AHRT, Awhin Sanjaya dan Rheza Danica Ahrens. Perbedaan waktu dengan pebalap ketiga sekitar 3 detik. Pelan tapi pasti Rheza Danica akhirnya bisa merebut posisi Awhin dan berhasil finis pertama dengan catat waktu 20:38,812, selisih tipis sekali dibandingkan Awhin Sanjaya yang mencatatkan waktu 20:39,087.

Reza mengatakan balapan di sirkuit Sentul sangat ketat karena banyak pebalap Indonesia yang sudah sangat mengenal sirkuit.

"Di balapan sentul kali ini suasana berbeda karena home race untuk pebalap Indonesia. Mereka cukup kencang dan kuat sehingga perlu usaha lebih keras untuk menang," kata Rheza Danica Ahrens.

Menghadapi balapan kedua pada hari Minggu (14/10), Reza mengaku akan berusaha lebih maksimal dan memperbaiki kekurangan dibalapan hari ini.

Sedangkan bagi Awhin Sanjaya merebut juara kedua bukanlah hasil buruk. Justru ia menambah pundi-pundi poinnya menjadi 92 poin. Alhasil posisinya pun terdongkrak naik di daftar klasemen sementara pembalap AARC 2018.

Supersport 600

Yang tak kalah seru, bahkan menjadi tontonan yang mendebarkan di race 1 adalah perjuangan Andi “Gilang” Farid Izdihar di kelas Supersport 600. Andi Gilang terlihat tampil ngotot saling kejar dengan Ahmad Yusdhistira dari tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing.

Ini menjadi pertarungan yang mendebarkan bagi keduanya. Sejak awal-awal balapan, keduanya bersaing ketat dan berusaha mengejar finish nomor satu. Namun pada akhirnya Andi Gilang mampu menuntaskan ambisinya di hadapan publiknya sendiri, dengan menyudahi pertarungan yang selisih hanya 0,029 detik dari seterunya Ahmad Yudhistira. Andi Gilang pun tersenyum lebar dengan tampil sebagai juara pertama.

Di awal balapan, modal pole position sebenarnya menguntungkan buat Andi Gilang. Hanya saja, saat mulai membuka gas, Andi sempat tercecer di posisi lima. Namun berkat skill dan ketenangan, Andi membalas kesalahanya dengan merangsek ke posisi dua pada lap ketiga.

Setelah lap tersebut, duel kelas 600cc pun menjadi pertarungan Andi “Gilang” Farid Izdihar versus Ahmad Yudhistira.

Sampai lap ke-11, Ahmad Yudhistira masih sulit dikejar di posisi terdepan. Untuk mengejarnya, Andi membuat strategi menjadi lebih agresif pada lap ke-12, sehingga jalannya balapan makin seru. Strategi ini membuahkan hasil, di mana andi mampu menyalip Ahmad Yudhistira. Namun memasuki lap 13, Ahmad kembali berada di depan Andi. Ini tidak membuat Andri drop, malah berusaha keras mengambil posisi pertama lagi. Pertarungan sengit keduanya berlanjut hingga lap terakhir.

Dan puncaknya, di tiga tikungan sebelum finish, Andi berhasil mendahului Ahmad Yudhistira. Momen tersebut menjadi kunci keberhasilan Andi “Gilang” Farid Izdihar meraih juara kelas 600 seri kelima ARRC 2018 hari pertama di Sirkuit Sentul.

Andi Gilang pun sukses menambah 25 poin sehingga total poinnya saat ini menjadi 64.

"Di tiga lap terakhir sebenarnya sudah mencoba untuk memimpin, namun Yudhistira agresif dan tetap memaksa untuk masuk. Akhirnya di momen-momen terakhir waktu lastlap berhasil. Untuk race kedua besok, target saya start yang mulus dan tampil bagus, kata Andi Gilang.

Prestasi Andi Gilang juga diikuti pembalap Honda lainnya di kelas yang sama. Meski tak naik podium, apresiasi patut diberikan kepada Irfan Ardiansyah. Mengawali balap di posisi 7, dengan susah payah, Irfan yang juga start kurang mulus hingga melorot ke posisi 9, pada akhirnya menuntaskan jalannya balapan di urutan keempat. Irfan pun sukses menambah perolehan poin menjadi 33.

"Kami dari AHRT sangat bangga sekali, karena kita bisa membuktikan pebalap kita mencapai hasil yang terbaik pada balapan pertama seri kelima AARC 2018. Tentu, masih perlu ada improvment lebih lanjut untuk menghadapi balapa kedua pada hari Minggu. Hari ini juga menjadi bukti hasil dari pembinaan dari latihan yang dilakukan para rider, mekanik dan manajemen,” kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM).

Reporter : Nazar Ray

 (kpl/prl/sdi)

BERI KOMENTAR