HOME » BERITA » DUA VARIAN INI MENDOMINASI PENJUALAN MINI DI 2018, BAGAIMANA DENGAN 2019?

Dua Varian Ini Mendominasi Penjualan MINI di 2018, Bagaimana dengan 2019?

Sebagai salah satu produsen kendaraan premium, MINI memang terus menunjukkan eksistensinya di pasar Indonesia. Berbagai strategi pun dilakukan oleh MINI, seperti merakit lokal produk dari Countryman dan menambah outlet diler.

Jum'at, 08 Maret 2019 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mini at Gedung Sate (Mini Indonesia)

OTOSIA.COM - Sebagai salah satu produsen kendaraan premium, MINI memang terus menunjukkan eksistensinya di pasar Indonesia. Berbagai strategi pun dilakukan oleh MINI, seperti merakit lokal produk dari Countryman dan menambah outlet diler. Selain itu baru-baru ini mereka secara bersamaan memperkenalkan Pop-up Store MINI di kota Bandung sekaligus meluncurkan varian terbatas dari MINI Cooper S 3-Door Black Edition.

Dengan menghadirkan berbagai kebijakan strategi tersebut, tentu diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan MINI yang setiap tahunnya terus mengalami trend positif. Menurut data Gaikindo, pada tahun lalu MINI berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 258 unit. Dari angka penjualan tersebut masih didominasi oleh MINI Cooper 3-Door dan MINI Cooper Countryman.

Tahun lalu, MINI Cooper 3-Door mencatatkan angka penjualan 77 unit, sedangkan MINI Cooper Countryman berhasil terjual sebanyak 95 unit.

Lalu, bagaimana dengan penjualan tahun ini?

Menurut Jodie O'tania selaku Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia mengungkapkan, "Untuk tahun ini hingga bulan Februari 2019, penjualan masih didominasi oleh MINI versi 3-Door dan MINI versi Countryman. Menariknya peningkatan cukup signifikan terjadi pada MINI Countryman."

Peningkatan signifikan terhadap MINI Countryman nampaknya tidak terlepas dari dirakitnya varian ini di Indonesia yang membuat harganya menjadi lebih murah. Selain itu, karakteristik dari Countryman yang nyaman, memiliki ruang kabin yang cukup besar, serta ground clearance yang cukup tinggi dinilai juga menjadi pengaruh terhadap tingginya angka penjualan dari Countryman.

Sementara itu, Joe Surya selaku President Director PT Maxindo International Nusantara Indah pun menyampaikan pendapatnya, "memang hingga saat ini di Jakarta sepertinya masih akan didominasi oleh MINI Countryman, namun untuk kota Bandung saya memprediksi MINI 3-Door akan lebih banyak diminati."

MINI Indonesia sendiri berharap bahwa pada tahun ini, penjualan mereka akan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin meningkatnya jumlah layanan penjualan dan purna jual MINI di Indonesia.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR