HOME » BERITA » DUCATI AKAN HENTIKAN PRODUKSI SUPERBIKE DENGAN MESIN 2-SILINDER?

Ducati Akan Hentikan Produksi Superbike dengan Mesin 2-Silinder?

Ducati telah merilis 1299 Panigale R Final Edition yang menjadi penanda akhir dari era superbike 2-silinder L-twin mereka.

Rabu, 28 November 2018 15:15 Editor : Cornelius Candra
Ducati 1299 Panigale R Final Edition (Asphaltandrubber.com)

OTOSIA.COM - Beberapa hari belakangan berhembus kabar bahwa Ducati akan berhenti memproduksi superbike bermesin 2-silinder L-twin. Pasalnya, pabrikan asal Italia tersebut akan berfokus pada pengembangan dapur pacu 4-silinder V4.

Mengutip dari Asphaltandrubber.com, keputusan tersebut harus diambil guna mempersiapkan jalan bagi Ducati Panigale V4 yang menggunakan mesin Desmosedici Stradale V4, pengembangan dari mesin Desmosedici MotoGP. Karena itu, untuk mengakhiri era superbike 2-silinder L-Twin Ducati, terlahirlah Ducati 1299 Panigale R Final Edition.

Tercipta sebagai motor edisi khusus, Ducati 1299 Panigale R Final Edition hanya diproduksi sebanyak 1.299 unit. Tak heran jika harga yang ditawarkan pun cukup tinggi, mencapai USD40.000 atau sekitar Rp580 jutaan (Kurs USD1 = Rp14.509).

Menariknya, Ducati 1299 Panigale R Final Edition terlihat mirip dengan Ducati Superleggera yang sempat menjadi sorotan pada tahun 2016 silam. Tengok saja knalpotnya yang terletak di sisi kanan dan kiri ban belakang serta lehernya memiliki tekukan cukup tajam.

Tentu saja knalpot tersebut tidak sama dengan model standar, tetapi menggunakan produk keluaran Akrapovic, layaknya Ducati Panigale R yang berlaga di ajang Wolrd Superbike. Penggunaan knalpot ini mampu meningkatkan tenaga Ducati 1299 Panigale R Final Edition menjadi 206 hp.

Perubahan yang paling terlihat tentu adalah penampilannya. Ducati 1299 Panigale R Final Edition dilabur dengan warna bendera Italia, yaitu merah-putih-hijau. Selain itu, peleknya juga dikelir merah. Rak lupa terdapat tulisan '1299 Panigale R Final Edition' di fairing, dan bendera Italia pada cover single-seaternya.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR