HOME » BERITA » DULU PASANG RADIO DI MOBIL BISA DITILANG, SEKARANG?

Dulu Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang, Sekarang?

Zaman dulu memasang radio pada mobil bisa ditilang dengan alasan menggangu konsentrasi. Tapi kini mobil modern bahkan tak sekadar bisa dihibur audio, tapi juga visual.

Selasa, 11 Juni 2019 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Dulu Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang, Sekarang?
Ilustrasi radio mobil zaman dulu (webeautos.com)

OTOSIA.COM - Sebelum teknologi secanggih saat ini, sistem hiburan di mobil tentu belum secanggih dan seberagam saat ini. Pemasangan radio pun sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Tapi jika pemilik ketahuan memasang radio pada mobil, pemilik akan ditilang. saat itu, pada 1930-an, di massachussets dan St. Louis, Amerika Serikat (AS), otoritas terkait melarang orang yang berkendara memasang dan menyalakan radio. Alasannya, itu akan mengganggu konsentrasi sehingga rentan celaka.

"Musik juga dianggap bisa membuat pengendara tertidur," ujar Michael Lamm, ahli sejarah otomotif, dikutip dari mentalfloss.com, melalui Liputan6.com.

Aturan ini bahkan disetujui oleh komunitas otomotif setempat, Auto Club of New York. Tahun 1934, diadakan jajak pendapat tentang ini. Hasilnya, 56 persen dari mereka menganggap radio sebagai 'gangguan yang berbahaya'.

1 dari 2 Halaman

Pro dan Kontra

Dulu Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang, Sekarang?Pro dan Kontra

Kalau ada yang kontra, pasti juga ada yang pro. Dalam kasus ini, sisi lainnya dihuni oleh Radio Manufacturers Association. Mereka berpendapat kalau radio justru sangat berguna. Misalnya, untuk memperingatkan pengemudi tentang cuaca dan kondisi jalan yang buruk.

Mereka juga bilang kalau siaran radio justru bisa membuat pengemudi terjaga terus, bukan malah jadi ngantuk.

Tapi toh, aturan ini tetap diberlakukan, sampai akhirnya tidak lagi relevan karena penggunaan radio di dalam mobil semakin masif, terutama ketika harganya semakin murah.

Adapun radio mobil pertama kali diperkenalkan oleh Chevrolet pada 1922. Saat itu, harganya sangat mahal dan tidak praktis karena bentuknya besar. Tapi lama kelamaan, bentuknya mengecil dan harganya jadi semakin murah karena makin banyak yang membuatnya.

 

 

2 dari 2 Halaman

Kini Juga Dilarang?

Dulu Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang, Sekarang?Kini Juga Dilarang?

Tapi kini seiring berkembangnya teknologi, sistem hiburan mobil-mobil modern pun ikut bermetamorfosis. Bahkan tak hanya audio, penumpang mobil bisa menikmati audio plus visual untuk membunuh bosan.

Sistem hiburan untuk mobil pun beragam. Mulai dari yang standar hingga dibarengi dengan teknologi super canggih. Tak hanya bisa mendengar siaran radio, tapi juga menyambungkan dengan gadget yang dimiliki para penumpang mobil. 

Di Indonesia sendiri, tahun lalu sempat heboh larangan mendengarkan musik di mobil. Alasannya sama, mengganggu konsentrasi menyetir. Tapi pihak terkait menegaskan bahwa mendengarkan musik sembari menyetir diperbolehkan asalkan dengan volume suara tidak terlalu kencang. 

BERI KOMENTAR