HOME » BERITA » EDAN, MOTOR INI GUNAKAN MINUMAN KERAS SEBAGAI BAHAN BAKAR

Edan, Motor Ini Gunakan Minuman Keras Sebagai Bahan Bakar

Rabu, 05 September 2018 14:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Drivespark.com

OTOSIA.COM - Minggu lalu, sebuah Yamaha XS850 keluaran tahun 1980 berhasil mencatatkan rekor kecepatan di Bonneville Salt Flats Speed Trials, Utah, Amerika Serikat. Yang menarik dari rekor ini sebenarnya bukan kecepatan, tetapi bahan bakarnya.

Mengutip dari Drivespark.com, motor lawas itu menggunakan minuman keras jenis vodka sebagai bahan bakarnya. Menariknya lagi, Yamaha XS850 itu mampu melaju dengan kecepatan 182 km/jam.

Angka tersebut berada di atas target yang ditetapkan, 154 km/jam. Sayangnya, bahan bakar tersebut habis sebelum menyentuh garis finish.

Berdasarkan sumber yang sama, motor tersebut dikendarai oleh Ryan Montgomery, pengusaha penyulingan minuman keras. Pria 41 tahun ini bahkan tidak pernah mempunyai pengalaman membangun sepeda motor atau pun tim balap.

Tak sendiri, Ryan membangun motor bernama Sudden Wisdom ini bersama temannya, Colin Cornberg, salah seorang karyawan bengkel No.8 Wire Motorcycles di Philipsburg. Bersama-sama, mereka berdua menghabiskan dana USD5.000 atau Rp75 jutaan untuk motor tersebut (Kurs USD1 = Rp15.006).

Sebenarnya, Yamaha XS850 tunggangan Ryan tidak menggunakan vodka tradisional sebagai bahan bakarnya. Bahkan, vodka yang digunakan tidak bisa diminum.

Supaya bisa menjadi bahan bakar, vodka itu disuling berkali-kali. Melalui proses tersebut, Ryan berhasil mengumpulkan 40 liter.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR