HOME » BERITA » STASIUN PENUKARAN BATERAI MOTOR LISTRIK UMUM SUDAH ADA DI INDONESIA, INI DIA LOKASINYA

Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik Umum Sudah Ada di Indonesia, Ini Dia Lokasinya

Kementrian ESDM meluncurkan operasional 3 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Jakarta dan Tangerang.

Selasa, 03 November 2020 16:45 Editor : Nazarudin Ray
Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik Umum Sudah Ada di Indonesia, Ini Dia Lokasinya
Ilustrasi stasiun pengisian daya kendaraan listrik (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Memperingati Hari Listrik Nasional ke-75 tahun 2020, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan meluncurkan 3 unit Operasional Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

SPBKLU yang akan diresmikan tersebut berada di 3 lokasi, yakni di PLN UP3 Tangerang, Alfamart Gandaria 3, Jatayau, Jakarta Selatan, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan ESDM, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Hingga kini telah terdapat 9 titik SPBKLU, masing-masing 6 unit di Jakarta Selatan, 1 unit di Tangerang Kota, dan 2 unit di Tangerang Selatan.

1 dari 2 Halaman

Sesuai road map, Kementerian ESDM menargetkan akan menyediakan 10.000 unit SPBKLU, dan diharapkan pada tahun 2030 jumlahnya bertambah menjadi 15.625 unit SPBKLU.

"Melakui SPBKLU pemilik sepeda motor listrik dapat menukar baterai lama dengan baterai yang sudah terisi dari rak penyimpanan, dan hanya membutuhkan waktu penukaran sektar 3 menit," kata Rida Mulyana, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM dalam perayaan Hari Listrik Nasional ke-75 secara webinar, Selasa (3/11).

Selain SPBKLU, Kementerian ESDM menargetkan mengoperasikan 2.465 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun 2025, dan pada tahun 2030 ESDM akan membangun 7.146 unit SPKLU.

 

 

2 dari 2 Halaman

"Nantinya SPKLU akan ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau masyarakat, seperti pusat perbelanjaan, area perkantoran, bandara, apartemen, pool taksi dan sebagainya," ujar Rida.

Saat ini sudah terdapat 62 charging station kendaraan listrik di 37 lokasi SPKLU.

"Operasionalisasi SPBKLU merupakan komitmen dari Kementerian ESDM dalam mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan sesuai Peraturan Presiden No 55 tahun 2019," tandasnya.

 

BERI KOMENTAR