HOME » BERITA » EFEK BURUK PAKAI BBM B20 CAMPUR MINYAK GORENG

Efek Buruk Pakai BBM B20 Campur Minyak Goreng

Mencampur minyak goreng dengan bahan bakar B20 memiliki efek buruk untuk mesin diesel. Dalam sebuah video, seseorang justru mencampur B20 dengan tambahan minyak goreng.

Senin, 21 Oktober 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Efek Buruk Pakai BBM B20 Campur Minyak Goreng
Ilustrasi isi bahan bakar (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video yang menunjukkan sesorang mencampur bahan bakar solar B20 dengan minyak goreng.Dalam video tersebut, si pemilik kendaraan mengaku mobil dieselnya tidak mengalami masalah setelah mencampur B20 dengan minyak goreng.

Benarkah tidak menimbulkan efek buruk terhadap pembakaran mesin diesel?

Menurut Technical Support Dept Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, pencampuran kedua minyak berbeda peruntukan tersebut tidak memberikan nilai efektifitas terhadap pembakaran di mesin maupun konsumsi bahan bakar. Justru sebaliknya, akan timbul masalah di ruang bakar.

"Kalau jangka pendek minyak goreng yang dicampur bisa menyumbat saringan bahan bakar, dan jangka panjangnya bisa menyebabkan kotoran di ruang bakar," jelas Bambang.

1 dari 1 Halaman

Efek Terburuk

Efek Buruk Pakai BBM B20 Campur Minyak GorengEfek Terburuk

Efek terburuknya, minyak goreng akan menrunkan fungsi dari bahan bakar B20 sendiri. Sehingga, bisa berpengaruh terhadap performa kendaraan.

"B20 itu sendiri sudah campuran bahan bakar diesel dengan minyak nabati seperti kelapa sawit. Jadi kalau ditambah lagi minyak goreng lagi maka bisa menurunkan kemampuan bakarnya," pungkasnya.

 

BERI KOMENTAR