HOME » BERITA » EFEK COVID-19, DAIHATSU LIBUR RILIS MOBIL BARU

Efek COVID-19, Daihatsu Libur Rilis Mobil Baru

Kondisi pasar yang masih tak menentu di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), membuat Daihatsu memilih untuk tak meluncurkan mobil baru terlebih dahulu.

Selasa, 19 Mei 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Efek COVID-19, Daihatsu Libur Rilis Mobil Baru
Daihatsu Rocky (Carscoops)

OTOSIA.COM - Pandemi virus Corona (COVID-19) di Tanah Air masih belum terkendali. Semakin hari jumlah positif COVID-19 masih terus bertambah.

Hal ini juga memengaruhi berbagai sektor, termasuk industri otomotif. Penjualan kendaraan di Tanah Air yang menurun drastis, baik roda empat ataupun roda dua.

Dilansir dari Liputan6.com, hal ini juga membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bahka menegaskan tidak akan meluncurkan model baru lagi tahun ini. Pasalnya, jenama asal Jepang ini sudah meluncurkan Ayla dan Sirion baru beberapa waktu lalu.

"Sampai hari ini, Daihatsu belum berencana untuk mengeluarkan model baru, baik secara virtual ataupun online. Kami sudah selesai dengan new Ayla dan Sirion. Jadi tidak berencana mengeluarkan lagi yang lain," jelas Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra saat teleconference bersama media beberapa waktu lalu.

1 dari 2 Halaman

Keputusan tersebut, memang dilihat dari beberapa faktor, yaitu kondisi yang belum stabil karena pandemi, penjualan menurun dan daya beli masyarakat yang juga turun. Daihatsu sendiri, hanya mampu menjual sebanyak 5.200 unit selama April 2020, dan turun 52,9 persen dibanding bulan sebelumnya.

Namun, kondisi bulan lalu diprediksi bukan jadi yang terparah. Pasalnya, dengan melihat kondisi pamdemi yang belum mereda dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masih berlaku tentu akan berpengaruh dengan kondisi penjualan kendaraan di Tanah Air.

"Prediksi bulan depan ada dua, kalau wholesale (pabrik ke dealer) kecil banget, karena tak produksi, dan kalau produksi hanya untuk ekspor. Kami lihat brand lain pun sama, wholesale pasti di bawah 1.000 unit," jelas wanita yang akrab disapa Amel.

Dari segi retail, karena akan ada libur lebaran otomatis penjualan Mei akan lebih kecil dari April. "Kalau Daihatsu kami perkirakan paling banyak 40 persen, kalau market 40 sampai 50 persen, paling kita di bawah 15 ribu unit," pungkasnya.

2 dari 2 Halaman

Efek COVID-19, Daihatsu Libur Rilis Mobil Baru

Daihatsu Rocky Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Setelah memeriahkan pasar otomotif Jepang, Daihatsu Rocky dipastikan meluncur di Indonesia tahun 2021 mendatang. Hal ini diungkapkan Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020.

"Rocky direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia tahun 2021 mendatang. Mobil SUV ini memiliki tiga fitur baru," kata Ashitani di Sunter, Jakarta Utara.

Tak hanya waktu peluncuran, dalam pidato Ia juga menjelaskan tiga keunggulan yang dimiliki Rocky, salah satunya menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

"Mobil ini merupakan produk kedua dari DNGA yang disebut Rocky A-SUV. Keunggulan kedua, menggunakan transmisi D-CVT atau CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia," ujarnya.

Fitur terakhir yang dibanggakan dan mampu menjadi daya tarik konsumen ialah fitur keselamatan yang disematkan. "Dan yang ketiga, teknologi keselamatan yang canggih. Semuanya sangat mengesankan, bukan?," tuturnya menjelaskan fitur Daihatsu Rocky.

BERI KOMENTAR