HOME » BERITA » EFEK COVID-19, PENJUALAN SEPEDA MOTOR GLOBAL TURUN 9 JUTA UNIT

Efek COVID-19, Penjualan Sepeda Motor Global Turun 9 Juta Unit

Pandemi Corona (COVID-19) yang terus berlangsung membuat penjualan sepeda motor global turun 9 juta unit

Minggu, 27 September 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Efek COVID-19, Penjualan Sepeda Motor Global Turun 9 Juta Unit
Ilustrasi sepeda motor (Visordown)

OTOSIA.COM - Pandemi Corona (COVID-19) tentu juga berimbas ke sektor industri sepeda motor. Bahkan penjualan kendaraan roda dua di seluruh dunia turun drastis, yakni 9 juta unit.

Melansir Visordown, penjualan yang turun drastis sebesar 27,9% tersebut terjadi dalam 8 bulan pertama tahun 2020 di seluruh dunia. Artinya lebih sedikit dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 lalu.

1 dari 2 Halaman

Tercatat, di seluruh dunia sepeda motor terjual 21,9 juta hingga akhir Agustus lalu. Empat bulan pertama bahkan mengalami penurunan sebesar 42,2%.

Meski begitu ada sedikit titik harapan pada beberapa bulan ini. Sebab perlahan tapi pasti penjualan mulai meningkat. Bahkan penjualan motor di seluruh dunia pada bulan Agustus lalu naik sebesar 9%. Rupanya ini merupakan kenaikan pertama sejak Februari silam.

2 dari 2 Halaman

Namun pertumbuhan ekonomi dari sektor industri motor pun masih terancam. Pandemi COVID-19 belum usai, bahkan kasus yang terjangkit kian bertambah. Apalagi India sebagai pasar terbesar sepeda motor sangat terdampak virus Corona. Di sana penjualan motor mengalami penurunan hingga 37,4%.

Sedangkan China, negara yang pertama kali menemukan COVID-19 ini hanya mengalami penurunan penjualan sepeda motor sebesar 4,1%. Sementara itu penjualan motor di Eropa mengalami penurunan 4,7%.

BERI KOMENTAR