HOME » BERITA » EFEK LAIN MOBIL KERAP DIPAKAI TEROBOS GENANGAN AIR, KOPLING JADI BERDENYIT

Efek Lain Mobil Kerap Dipakai Terobos Genangan Air, Kopling Jadi Berdenyit

Jika mobil sering dipakai menerjang genangan air, bisa saja menimbulkan efek yang sangat mengganggu bagi mobil dan kenyamanan penumpang.

Sabtu, 21 Maret 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Efek Lain Mobil Kerap Dipakai Terobos Genangan Air, Kopling Jadi Berdenyit
Mobil menerjang banjir (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Kendaraan yang dirawat dengan baik maka akan memiliki kondisi yang baik pula. Tapi perawatan saja tak cukup, cara menggunakannya pun harus secara tepat.

Jika tidak, ada efek yang akan muncul dari hasil pemakaian yang sembrono. Seperti sering melewati genangan air misalnya.

Melansir laman Auto2000, selain karena kurang minyak, rupanya pedal kopling mobil yang berdenyit saat ditekan juga diakibatkan mobil kerap menerjang genangan air. Pasalnya, cipratan air yang mengenai logam-logam pada sistem kopling menyebabkan pelumasan tidak berfungsi secara baik.

1 dari 2 Halaman

Sehingga suara itu timbuk karena secara teknis, akan terjadi persinggungan antar logam saat pedal kopling bekerja. Pada saat pedal kopling ditekan, hasil pijakan itu akan diteruskan menuju garpu pembebas (release fork).

Release fork itulah yang kemudian akan menekan pegas diafragma atau diafragma spring melalui release beareng atau lebih akrab dikenal dengan nama laher.

2 dari 2 Halaman

Nah, untuk menekan pegas diafragma, release fork perlu satu tumpuan sebagai titik tumpu. Persinggungan release fork dan tumpuannya itulah yang menjadi sumber suara berdenyit bila pelumasan di bagian ini kurang.

Solusinya, tambahkan pelumasan apda persinggungan dua logam tersebut. Bisa juga dengan menyemprotkan cairan anti karat di tempat yang sama. Tapi perlu diingat, kasus seperti ini tak akan muncul jika servis mobil dilakukan secara rutin.

BERI KOMENTAR