HOME » BERITA » EFEK MENGERIKAN CUCI MOTOR DALAM KONDISI MESIN PANAS

Efek Mengerikan Cuci Motor dalam Kondisi Mesin Panas

Kebiasaan langsung membilas sepeda motor setiba di tempat cuci motor rupanya tak bisa diteruskan. Apalagi jika saat membilas, motor masih dalam kondisi panas.

Sabtu, 01 Juni 2019 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Efek Mengerikan Cuci Motor dalam Kondisi Mesin Panas
Mencuci motor tidak disarankan saat kondisi sepeda motor masih panas (Autocar India)

OTOSIA.COM - Memiliki sepeda motor dengan tampilan kinclong, menjadi harapan sejuta umat. Tapi untuk mencucinya sendiri terkadang malas-malasan.

Maka itu, pilihannya di bawa ke tempat cuci motor. Tapi sayangnya, kebiasaan langsung membilas sepeda motor setiba di tempat cuci motor rupanya tak bisa diteruskan.

Apalagi jika saat membilas, motor masih dalam kondisi panas. Melansir Suzuki Indonesia, kebiasaan itu punya efek buruk untuk sepeda motor.

1 dari 1 Halaman

Beri Jeda Waktu

Efek Mengerikan Cuci Motor dalam Kondisi Mesin PanasBeri Jeda Waktu

Bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan langsung dengan air dingin ketika dicuci adalah hal yang bertentangan. saat besi panas langsung terkena air dingin, akan terjadi perubahan suhu yang drastis.

Kalau hal itu dilakukan terus menerus dalam jangak panjang, berisiko negatif. Salah satunya adalah blok mesin motor retak. Efek buruk lainnya adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna jadi agak kekuningan.

Karena itulah disarankan, saat kondisi suhu mesin masih panas, beri jeda waktu 5 sampai 10 menit sebelum dicuci. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

 

BERI KOMENTAR